Jumat 11 Jun 2021 07:39 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah

Membaca tidak selamanya tertulis di dalam buku.

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah
Foto:

Khutbah Kedua

الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَ الْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنِ وَ لَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِمِيْنَ, أَشْهَدُ أنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه. فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ أُوْصِيْنِيْ وَ إِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ, وَ لَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَ أَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Jamaah Jumat Rahimakulullah,

Mata hati, bahasa hati, dan pikiran hati. Semua itu menjadi piranti untuk membaca ayat kauniyah Allah SWT yang tiada pernah ada habisnya. Marilah kita jaga agar hati kita senantiasa sehat, teguh dan selamat dengan memperbanyak doa,

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ وَ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ

Duhai Allah, Tuhan yang Maha memberikan petunjuk, condongkan hati kami agar tetap berada pada ketaatan kepada-Mu. Duhai Allah, Tuhan yang Maha membolak-balikkan hati, mohon teguhkanlah hatiku ini untuk tetap berada pada agama-Mu.

Imam An-Nawawi dalam kitab Hadis Arba’in nomor enam menyebutkan riwayat, kurang lebih maknanya ialah: “Sungguh di dalam jasad terdapat segumpal (daging), manakala ia baik maka baiklah jasad itu seluruhnya. Namun jika ia rusak, maka rusaklah jasad itu seluruhnya. Ketahuilah bahwa segumpal (daging) itu ialah hati.”

Hati yang nampak seperti segumpal daging di dalam dada kita ini pada dasarnya merupakan dunia dengan dirinya sendiri, dunia yang lebih besar dari apa yang pernah kita lihat. Bahkan dari hati kita itupun masih ada kitab yang lebih besar lagi yakni waktu.

Pada saatnya kita akan membacanya, dan semoga kita dibimbing oleh Allah SWT untuk dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْلَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبَنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement