Jumat 11 Jun 2021 07:39 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah

Membaca tidak selamanya tertulis di dalam buku.

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah
Foto:

Jamaah Jumat Rahimakulullah,

Kita beriman kepada hari akhir, hari di mana setiap amal perbuatan selama kita hidup di dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban. Keadilan Allah SWT akan membawa kita pada balasan berupa Surga ataupun Neraka.

Keduanya disediakan untuk makhluk-Nya yaitu jin dan manusia. Bagi mereka yang mampu mengambil pelajaran atas ayat-ayat yang selalu ditampakkan, kemudian bersegera mensyukurinya dengan melakukan amal shalih tanpa diiringi kesyirikan di dalamnya, maka mereka itulah yang beruntung, yang berhasil, dan yang akan selamat.

Langit, bagaikan kitab besar yang Allah SWT miliki. Di sana nampak ayat-ayat-Nya yang lain selain apa yang terdapat pada Al-Quran Al Karim. Inilah yang disebut oleh guru-guru kita sebagai ayat Kauniyah. Lihatlah, ayat Allah tertulis di seluruh alam semesta.

Sebuah riwayat yang sangat masyhur menyebutkan:

تَفَكَّرُوا فِي خَلْقِ اللَّهِ ، وَلا تَفَكَّرُوا فِي اللَّهِ

“Berfikirlah kalian tentang ciptaan Allah dan janganlah kalian berfikir tentang Dzat Allah”.

Dalam riwayat lainnya,  Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menyampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَأْتِي الشَّيْطَانُ أَحَدَكُمْ فَيَقُولَ مَنْ خَلَقَ كَذَا وَكَذَا حَتَّى يَقُولَ لَهُ مَنْ خَلَقَ رَبَّكَ . فَإِذَا بَلَغَ ذَلِكَ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ

“Setan akan mendatangi salah seorang di antara kalian, lalu dia akan bertanya, ‘siapa yang menciptakan ini, siapa yang menciptakan itu?’ Hingga akhirnya dia bertanya, ‘Siapa yang menciptakan Tuhanmu?’ Jika sampai kepadanya hal tersebut, maka hendaknya dia berlindung kepada Allah dan berhenti, mencukupkan dialognya.” (HR. Muslim).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement