Jumat 11 Jun 2021 07:39 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah

Membaca tidak selamanya tertulis di dalam buku.

Naskah Khutbah Jumat: Membaca Ayat-Ayat Kauniyah
Foto:

Jamaah Jumat Rahimakulullah,

Manakala kita mampu membaca ayat-ayat kauniyah tersebut, maka lapanglah hati dan jiwa kita. Ayat-ayat kauniyah merupakan tanda yang jelas untuk membuktikan adanya beberapa hal. Segala sesuatu di bumi dan langit maupun yang ada di antara keduanya merupakan bukti yang jelas akan keberadaan, keEsaan, dan kekuatan Allah Jalla Jallaluh.

Maka terhadap ayat kauniyah itu, kita tidak cukup menggunakn mata kepala untuk membacanya, melainkan menggunakan mata hati untuk dapat memahaminya. Mata di wajah kita hanya dapat melihat bentuk benda, namun mata hati mampu melihat hakikat kebenaran suatu objek.

Hanya saja bagi mereka yang tertutupi jiwa dan hatinya sehingga gagal memahami ayat ayat Allah tersebut, sangat mungkin mata hatinya tengah menderita sakit atau bahkan mati sama sekali. Mata hati menjadi buta, kecuali jika apa yang dilihat menjadikan diri bersegera mengingat Allah SWT serta menjadikan kita berpikir merenungi kebesaran-Nya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kepada kita petunjuk.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذكْر ِالْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement