Jumat 11 Jun 2021 05:15 WIB

Penabrakan Muslim, Kanada Diliputi Suasana Takut dan Marah

Aksi nyata pemerintah dibutuhkan untuk mencegah kejahatan akibat islamofobia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Penabrakan Muslim, Kanada Diliputi Suasana Takut dan Marah. Warga menghadiri peringatan keluarga Muslim yang ditabrak di luar Masjid London Muslim, London, Kanada, Selasa (8/6). Polisi mengatakan penabrakan itu didasari kebencian.
Foto:

Sebelumnya pada Selasa, Trudeau mengatakan kepada Parlemen peristiwa ini adalah serangan teroris. Dia menyebut kejadian ini adalah karena islamofobia.

"Ini adalah serangan teroris, dimotivasi oleh kebencian, di jantung salah satu komunitas kami.  Jika ada yang berpikir rasialisme dan kebencian tidak ada di negara ini, saya ingin mengatakan ini: Bagaimana kita menjelaskan kekerasan seperti itu kepada seorang anak di rumah sakit? Bagaimana kita bisa menatap mata keluarga dan mengatakan 'islamofobia itu tidak nyata'?"katanya.

Namun, tak lama kemudian, dia mengatakan kepada wartawan bahwa undang-undang di Quebec yang melarang beberapa pegawai negeri mengenakan simbol agama, seperti jilbab tidak mendorong kebencian dan diskriminasi. Direktur Eksekutif Canadian Race Mohammed Hashim mengatakan pemerintah harus meningkatkan untuk mencegah tindakan kebencian ini. Aksi nyata dibutuhkan agar peristiwa ini tidak terus terulang.

“Kanada selalu melihat dirinya sebagai masyarakat multikultural dan kami telah menyampaikannya kepada dunia, tetapi jika tingkat kebencian ini terjadi di sini, maka jelas lingkungan tidak sesuai dengan kata-kata. Para pembuat kebijakan perlu menerima tanggung jawab ini adalah lingkungan yang mereka izinkan untuk eksis di Kanada, baik di jalanan maupun online," katanya.

Tersangka Nathaniel Veltman telah didakwa dengan empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu tuduhan percobaan pembunuhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement