Kamis 03 Jun 2021 04:56 WIB

Eropa Ubah Islamofobia Jadi Mitos Berbahaya

Islamofobia adalah masalah terhadap komunitas Muslim.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Islamofobia (ilustrasi)
Foto:

Para politisi di Austria, Jerman dan Prancis telah membingkai Islam politik, separatisme Islam atau Islamisme sebagai ancaman terbesar yang dihadapi masyarakat Eropa. Hal ini memungkinkan para pemimpin politik untuk membenarkan tindakan drastis terhadap sekelompok muslim yang diduga berbahaya.

"Sebagai akibatnya, kami telah melihat penggerebekan yang menargetkan organisasi masyarakat sipil Muslim dan masjid atas nama melindungi negara. Namun, kebijakan semacam itu merusak kebebasan beragama, hati nurani, berbicara, dan berpikir yang dilindungi secara konstitusional," kata John L Esposito dan Farid Hafez.

Contoh terbaru dari dampak berbahaya dari perang budaya ini adalah serangan yang menargetkan 30 terduga teroris di Austria November lalu. Menteri Dalam Negeri, Karl Nehammer berpendapat itu bertujuan untuk memotong akar politik Islam. Namun ketika para tersangka kemudian diinterogasi, mereka ditanyai pertanyaan - pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan kekerasan, dan banyak berhubungan dengan perspektif orientalis tentang Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement