Jumat 14 May 2021 01:17 WIB

Khutbah Idul Fitri: Jangan Berburuk Sangka Soal Wabah

Sudah sepatutnya umat Islam harus terus berprasangka baik akan takdir Allah SWT

Warga melakukan halal bihalal Idul Fitri 1442 H secara tatap muka di Gang Karya Laksana, Tamansari, Kota Bandung, Kamis (13/5). Sejumlah warga tetap melakukan halal bihalal Idul Fitri 1442 H baik secara tatap muka maupun virtual untuk menjaga tali silaturahmi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Dengan menjaga jarak, katanya, selain meminimalisasi menyebarnya virus corona tentunya ada pesan tersirat agar manusia pun menjaga jarak diri dari dosa, jaga jarak dengan maksiat, jaga jarak dengan pergaulan bebas, sifat hedonisme, jaga jarak dengan cinta dunia yang melalaikan dengan kehidupan abadi di akhirat.

Semua itu, kata dia, adalah sekelumit hikmah indah di balik wabah dari Allah SWT."Marilah kita jalani bagian dari fase kehidupan kita di tengah wabah ini dengan tetap menjaga keimanan dan ketakwaan, optimistis dan 'husnuzon billah', pererat ukhuwah dan solidaritas kita sebagai anak bangsa, umat Islam untuk saling tolong menolong serta mendoakan," katanya.

Pada bagian akhir, secara khusus khatib menyampaikan pesan khusus untuk para perempuan Muslimah untuk bertakwa kepada Allah, menjaga aturan Allah, karena Rasulullah telah mengingatkan dengan tegas bahwa perempuan adalah penghuni terbanyak di neraka.

"Maka jagalah diri kalian dari perihnya siksa neraka dengan menjaga akidah, bertauhid yang benar, ibadah yang benar, pakailah jilbab kalian apapun profesi kalian, taatlah kepada suami, jaga kehormatan diri dan keluarga," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement