Senin 12 Apr 2021 22:20 WIB

Jangan Kendor Jalani Protokol Kesehatan Selama Ramadhan

Tidak ada alasan untuk kendor jalani protokol kesehatan selama Ramadhan.

Sejumlah umat muslim bersiap melaksanakan shalat Tarawih berjamaah di Masjid Agung Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (12/4/2021). Umat muslim melaksanakan ibadah shalat tarawih yang pertama memasuki Ramadhan 1442 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan.
Foto:

"Bagi orang yang sakit, orang yang kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik, orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik yang bergejala maupun Orang Tanpa Gejala (OTG) boleh meninggalkan puasa Ramadhan dan wajib menggantinya setelah Ramadhan sesuai dengan tuntunan syariat," katanya.

Ahmad juga menyebut, untuk menjaga kekebalan tubuh dan dalam rangka berhati-hati guna menjaga agar tidak tertular, tenaga kesehatan yang sedang bertugas menangani kasus COVID-19, boleh meninggalkan puasa Ramadhan dengan ketentuan menggantinya setelah Ramadan sesuai dengan tuntunan syariat.Tak hanya itu, ia juga menjelaskan terkait vaksinasi yang dilakukan saat berpuasa Ramadhan.

"Vaksinasi dengan suntikan boleh dilakukan pada saat berpuasa dan tidak membatalkan puasa, karena vaksin diberikan tidak melalui mulut atau rongga tubuh lainnya seperti hidung, serta tidak bersifat memuaskan keinginan dan bukan pula merupakan zat makanan yang mengenyangkan," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement