Rabu 07 Apr 2021 04:30 WIB

Alquran Pertama Terjemahan Rohingya Segera Diterbitkan

Alquran terjemaah Rohingya akan diluncurkan Ramadhan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Seorang anak muslim Rohingya membaca alquran di masjid kampung Char Pauk, Sittwe, Myanmar, Sabtu (2/6).
Foto:

Terjemahan ini akan menggunakan bacaan bahasa Arab dari almarhum ulama Sheikh Muhammad Ayyoub. Ia lahir di Makkah dari orang tua pengungsi Rohingya pada 1950-an, yang kemudian menjadi Imam Madinah. 

Qutub Shah, pengkhotbah yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Rohingya, adalah mantan mahasiswa teknik mesin yang tidak diizinkan menyelesaikan studinya oleh negara Myanmar. Dia adalah seorang mahasiswa PhD dalam perbandingan agama di International Islamic University Malaysia.

Meskipun Alquran telah diterjemahkan ke dalam lusinan bahasa, proses penafsiran, terutama penafsiran catatan kaki yang panjang tidak pernah mudah. Agar tetap sederhana dan mendekati arti sebenarnya, terjemahan bahasa Rohingya akan dibuat kata demi kata dari sampel bahasa Arab dan Urdu. 

Salah satu pihak yang berkontribusi dalam kampanye ini, Zahid Mateen, menyebut upaya yang mereka lakukan ini seperti ground zero, dimana ini merupakan terjemahan pertama yang dilakukan setepat mungkin. 

 

"Terjemahan dalam bahasa Rohingya sulit karena bahasanya belum berkembang dengan baik. Kalau dalam bahasa Urdu atau Inggris, ada banyak cendekiawan yang berkontribusi dan pekerjaan sebelumnya bisa dikembangkan," kata Pria yang juga bekerja untuk GlobalSadaqah.com ini.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement