Ahad 04 Apr 2021 19:42 WIB

UNHCR: Bantuan dari Zakat Alami Peningkatan Signifikan

Pemberian zakat meningkat 12,5 persen pada tahun 2020 dibandingkan dengan 2019.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
UNHCR
Foto:

Distribusi donasi zakat

Sebagian besar sumbangan zakat diberikan kepada pengungsi Rohingya dari Myanmar, pengungsi asal Suriah, dan pengungsi internal di Yaman dan Irak. Menurut PBB, Muslim Rohingya telah menghadapi genosida dan banyak orang yang melarikan diri. Jutaan orang Rohingya saat ini tinggal di Bangladesh dan India.

Sementara Suriah dan Yaman telah melalui perang saudara yang menewaskan ratusan ribu orang dan jutaan orang terlantar. Hampir empat juta pengungsi Suriah tinggal di Turki. Saat ini Yaman tengah menghadapi krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Irak juga mengalami kekerasan yang terus menerus terjadi sejak invasi Amerika pada tahun 2003 dan secara efektif tenggelam dalam kekacauan politik. Perang semkin rutin terjadi dan menyebabkan ratusan ribu orang yang tewas.

Negara Timur Tengah lainnya seperti Libanon pun menghadapi ketidakstabilan politik dan krisis ekonomi. Terlepas dari itu, zakat ini telah membantu menanggulangi sebagian kesulitan terlebih saat pandemi. Namun, perlu disadari kebutuhan masih tinggi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement