Jumat 26 Feb 2021 17:06 WIB

Oud, Sumber Aroma yang Lekat dengan Orang Arab Saudi

Oud merupakan tradisi penting dalam masyarakat Arab Saudi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Oud, Sumber Aroma yang Lekat dengan Orang Arab Saudi. Kayu oud diekstraksi selama musim dingin dari pohon berumur antara 70 dan 150 tahun dan tumbuh hingga ketinggian 20 meter. Oud mengeluarkan aroma yang memikat.
Foto:

“Oud Kamboja kuno yang disimpan lebih lama adalah yang terbaik. Ini adalah hadiah yang ideal untuk teman atau anggota keluarga. Saya suka semua parfum yang memiliki wangi oud. Pandemi telah memengaruhi pembelian oud karena cara penggunaannya dan kekhawatiran hal itu dapat menularkan virus,” ujar dia.

Penjual oud di Toko Nada, Hassan al-Rashdi mengatakan penjualan pada hari ini mencapai lima kilogram dan hari lain 10 kilogram. “Beberapa orang lebih menyukai jenis kualitas oud yang berbeda,” ucap dia.

Dia menjelaskan satu kilogram oud dapat dijual dengan kisaran harga antara 133 sampai 1.332 dolar AS, tergantung kualitas dan asalnya. Beberapa orang Saudi lebih memilih varietas Kalamantan. Namun, dia yakin oud Morki adalah dupa paling populer untuk pesta, acara resmi, dan penggunaan di masjid.

Sementara itu, pemilik toko oud daring, Khalid al-Johani setuju oud Morki merupakan varietas paling populer yang disusul Kalamantan dan India dalam hal kualitas. Menurut al-Johani, oud cair India lebih disukai oleh para lansia walaupun oud Thailand cepat populer.

“Untuk menilai kualitas oud harus diperiksa aroma, berat, warna dan ukurannya. Kebanyakan orang membeli oud berdasarkan rekomendasi orang lain. Tapi para ahli selalu memeriksa kualitas produk oud luar dan dalam serta bertanya tentang zat di dalam strukturnya,” tambah dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement