Jumat 26 Feb 2021 15:16 WIB

Jangan Khawatirkan Uang, Itu Rencana Allah

Qadar digunakan untuk menemukan kedamaian dalam apa pun yang telah ditetapkan Allah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Jangan Khawatirkan Uang, Itu Rencana Allah
Foto:

Nabi tetap mengabaikan permintaan sahabatnya. Untuk ketiga kalinya, sahabatnya tetap meminta Nabi. Lalu, Nabi mengabaikannya dan dia berbalik.

Dia berkata “Terkadang saya memberikan uang kepada orang-orang dan saya tidak memberikan kepada mereka yang lebih saya cintai, yaitu yang terkasih, saya tidak memberi. Karena takut uang itu akan menjadi godaan yang menyeret mereka ke Jahannam.”

“Dengan kata lain Nabi kita mengenal orang-orang dan dia berkata, apa yang Anda katakan tentang orang ini mungkin benar, dia adalah mukmin, dia orang baik. Tetapi dia tidak memiliki kesabaran seperti itu. Bisa jadi dengan uang, dia mungkin melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan uang itu. Dan oleh karena itu saudara dan saudari terkasih apa yang kita pelajari sangatlah sederhana,” kata Qadhi dalam video di kanal youtube ILovUAllah.

Qadhi menyebut Muslim seharusnya puas karena Allah memiliki rencana. Allah berfirman dalam surat Asy-Syura ayat 49-50:

لِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗيَهَبُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ اِنَاثًا وَّيَهَبُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ الذُّكُوْرَ ۙ

اَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَّاِنَاثًا ۚوَيَجْعَلُ مَنْ يَّشَاۤءُ عَقِيْمًا ۗاِنَّهٗ عَلِيْمٌ قَدِيْرٌ

Lillahi mulkus-samāwāti wal-arḍ, yakhluqu mā yasyā`, yahabu limay yasyā`u ināṡaw wa yahabu limay yasyā`uż-żukụr. Au yuzawwijuhum żukrānaw wa ināṡā, wa yaj’alu may yasyā`u ‘aqīmā, innahụ ‘alīmung qadīr.

“Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Mahakuasa.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement