Kamis 25 Feb 2021 18:12 WIB

Bahasa Turki Satukan Bangsa di Tiga Benua

Bahasa Turki tersebar di Eropa Timur, Asia Tengah, dan Asia Utara.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Bahasa Turki Satukan Bangsa di Tiga Benua. Kepala Akademi Turki Internasional Darhan Qydyrali mengatakan bahasa Turki adalah kelompok bahasa terkait erat yang membentuk keluarga bahasa dalam rumpun bahasa Altai. Rumpun bahasa Altai tersebar di tiga benua.
Foto:

Kesatuan alfabet

Qydyrali menyebut pekerjaan yang tengah dilakukan saat ini dalam bidang beasiswa bahasa. Menurut dia, elemen terpenting dari studi bahasa adalah kesatuan alfabet.

Alfabet umum memungkinkan orang yang tinggal di berbagai negara dapat mudah membaca, memahami, dan berkomunikasi. Dalam pandangan itu, Akademi Turki Internasional memiliki proyek hebat.

Kazakhstan akan beralih ke alfabet latin da nada perkembangan bagus kea rah ini di Uzbekistan. Meskipun memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991, Kazakhstan terus menggunakan alfabet Sirilik seperti negara-negara bekas Soviet lainnya sejak 1940. Namun, mereka memutuskan untuk beralih ke alfabet Latin pada tahun 2017 atas instruksi dari Presiden Nursultan Nazarbayev.

Komisi Alfabet Nasional dibentuk mulai upaya peralihan alfabet. Sejak itu, penulisan nama gedung negara, jalan, toko, dan apotek dengan alfabet Latin tersebar luas dalam bahasa Kazakstan.

“Saya percaya kesatuan alfabet akan mengarah pada kesatuan bahasa kita dan kesatuan bahasa akan mengarah pada kesatuan pikiran,” ucap dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement