Kamis 25 Feb 2021 18:12 WIB

Bahasa Turki Satukan Bangsa di Tiga Benua

Bahasa Turki tersebar di Eropa Timur, Asia Tengah, dan Asia Utara.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Bahasa Turki Satukan Bangsa di Tiga Benua. Kepala Akademi Turki Internasional Darhan Qydyrali mengatakan bahasa Turki adalah kelompok bahasa terkait erat yang membentuk keluarga bahasa dalam rumpun bahasa Altai. Rumpun bahasa Altai tersebar di tiga benua.
Foto:

Tiga dekade kemerdekaan

Dilansir Anadolu Agency, Kamis (25/2), menandai 30 tahun kemerdekaan Turki pada 2021, Qydyrali menambahkan ada sejumlah pekerjaan yang telah dilakukan selama tiga dekade termasuk proyek antar pemerintah. Misal, Universitas Akhmet Yassawi di Kazakhstan dan Universitas Manas Kyrgyz-Turki di Kyrgyzstan.

Universitas Akhmet Yassawi yang didirikan bersama Turki dan Kazakhstan, menawarkan pendidikan di kota selatan Turkistan. Sementara Universitas Manas di ibu kota Kirgistan, Bishkek yang didirikan pada tahun 1995 berdasarkan piagam yang ditandatangani oleh pemerintah Kirgiz dan Turki.

 

Selain itu, Qydyrali menyoroti akan pentingnya proyek pelajar di awal 1990-an saat hampir 10 ribu pelajar dari berbagai negara bagian Turki menerima pendidikan dan berkontribusi pada pembentukan persatuan Turki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement