Selasa 02 Feb 2021 14:45 WIB

3 Syarat Menjadi Umat Terbaik Menurut Surat Ali Imran

Terdapat syarat menjadi umat terbaik dalam surat Ali Imran

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat syarat menjadi umat terbaik dalam surat Ali Imran .Ilustrasi umat Islam
Foto:

 

Ayat 104 secara tegas pula memerintahkan umat Islam agar mengajak kebajikan, memerintah yang makruf dan melarang yang mungkar. Dua syarat tersebut sama dengan yang disebutkan dalam ayat 110 sedangkan syarat ketiga penempatannya berbeda. Namun, kandungannya serupa.

Kalimat yad'ụna ilal khayr pada ayat 104 sejalan dengan tu`minụna billāhpada ayat 110. Keduanya mengandung keimanan yang dibuktikan pengamalan menyangkut nilai-nilai ilahi.

Dari kedua ayat tersebut terlihat ummatan wasathan ditandai dengan ajakan kebaikan karena tidak dapat disangkal pengetahuan yang dimiliki seseorang, bahkan kemampuannya mengamalkan sesuatu dapat hilang. Ini jika tidak ada yang mengingatkannya atau tidak diulangi pengerjaannya.

Di sisi lain, pengetahuan dan pengamalan saling erat berkaitan. Pengetahuan mendorong pada pengamalan dan peningkatan kualitas amal sedangkan pengamalan yang terlihat dalam kenyataan kehidupan merupakan guru.

Oleh karena itu, masyarakat perlu selalu diingatkan dan diberi keteladanan. Ini yang menjadi dakwah Islamiyah. Dari sini lahir tuntunan ayat dan terlihat keterkaitannya dengan kedudukan umat Islam sebagai sebaik-baik umat sekaligus ummatan wasathan.

 

Jika tidak semua anggota masyarakat dapat melaksanakan fungsi dakwah, paling tidak harus ada sekelompok yang tampil memberi bimbingan sekaligus memberi teladan yang nasihatnya didengar dan pengamalannya diikuti. Itu pun harus berlangsung secara terus-menerus tanpa bosan dan lelah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement