Jumat 01 Jan 2021 18:54 WIB

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia

Skandal pencabulan mempercepat gelombang sekularisasi umat Katolik Polandia.

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia. Suasana kota yang diselimuti kabut asap ketika matahari terbit di Krakow, Polandia.
Foto:

Tingkat kepercayaan publik yang terjun bebas sebanyak 16 persen sejak Maret itu “tergolong besar untuk rentang waktu yang pendek,” tutur Katarzyna Zalewska, seorang sosiolog di Universitas Jagiellonian di Krakow.

Menurutnya, tren meningkatnya sekularisme di kalangan masyarakat jelas berakselerasi dalam beberapa tahun terakhir. 

Deklinasi pengaruh gereja

Putusan Mahkamah Konstitusi Oktober lalu, yang mengabulkan larangan aborsi, termasuk paling menohok. Legislasi yang didukung sepenuhnya oleh gereja itu memicu kecaman publik dan aksi demonstrasi massal di seluruh negeri. 

Derasnya kritik terhadap hirarki gereja dan reaksi yang dramatis di jalan-jalan ibu kota memaksa pemerintah menunda implementasi putusan MK membatasi hak reproduksi. Melebarnya jurang antara umat dan pemuka gereja juga dicatat dalam statistik resmi, di mana warga tercatat berbondong-bondong mengeluarkan anaknya dari kelas agama di sekolah.

Dua pertiga penduduk ingin agar pendidikan agama dikembalikan kepada paroki, bukan lagi sekolah, demikian menurut survei teranyar. Jika pada 2010 masih sebanyak 90 persen murid mendaftar kelas agama, kini jumlahnya 70 persen, lapor lembaga penelitian Polandia, CBOS.

 

sumber : Deutsche Welle
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement