Jumat 01 Jan 2021 18:54 WIB

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia

Skandal pencabulan mempercepat gelombang sekularisasi umat Katolik Polandia.

Politisasi Agama Surutkan Kepercayaan pada Gereja Polandia. Suasana kota yang diselimuti kabut asap ketika matahari terbit di Krakow, Polandia.
Foto:

Zalewska menilai pemuka gereja gagal mendengar sinyal perubahan dan bertingkah seakan mereka beroperasi di sebuah sistem yang berbeda di mana para uskup tidak merasa perlu meralat posisinya.

Salah satu kasus yang paling mencolok adalah Kardinal Stanislav Dziwisz yang dituduh menutup-nutupi kasus pelecehan seksual. Dziwisz yang pernah bekerja sebagai sekretaris pribadi Paus Yohanes Paulus II merupakan legenda gereja di Polandia. 

Sikap gamang gereja dalam kasus pelecehan seksual semakin kentara dalam sebuah film dokumenter terbaru. Di dalamnya Dziwisz berulangkali membatalkan wawancara, bahkan mengancam jurnalis agar tidak memublikasikan laporannya.

Menurut Zalewska, skandal pencabulan turut mempercepat gelombang sekularisasi umat Katolik di Polandia. Fenomena serupa pernah dicatat di Irlandia pada dekade 1990-an. Menurutnya, derita pandemi corona bisa membantu memulihkan kepercayaan warga kepada Gereja Katolik.

 

https://www.dw.com/id/politisasi-agama-di-polandia-picu-gelombang-sekularisasi/a-56074975

sumber : Deutsche Welle
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement