Rabu 30 Dec 2020 18:17 WIB

Baznas Resmi Gelar Sertijab Anggota Baru Periode 2020-2025

Baznas harus memperkuat posisi dan dapat sejajar dengan lembaga pemerintahan lain

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Anggota Badan Amil Zakat Nasional saat dilantik di Gedung Kementerian Agama RI, Jakarta, Rabu (30/12). Sejumlah anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2020-2025 dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Dalam sambutannya, Menag meminta Baznas untuk senantiasa memelihara komitmen keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan. "Saya perlu menegaskan di sini, Baznas sebagai institusi yang menghimpun dana umat dari waktu ke waktu harus memberikan manfaat yang optimal untuk umat. Semakin besar dana yang dihimpun, semakin besar tanggungjawab untuk menyalurkannya dan tanggungjawab institusional dalam membantu mengatasi permasalahan umat, terutama masalah kemiskinan," kata Yaqut.

 

Yaqut meminta jajaran Baznas untuk memperhatikan tiga hal di anataranya, yang pertama, menjaga kepercayaan masyarakat. Pengelola zakat, selain diawasi oleh Pemerintah, diawasi oleh masyarakat, juga pasti diawasi oleh yang maha mengawasi, yaitu Allah. Kedua, memberi kemudahan kepada setiap orang untuk berzakat sesuai kewajiban dalam syariat agama dan kemudahan untuk memperoleh zakat bagi para mustahik menurut ketentuan agama.

Menurut Yaqut, semua kalangan dan lapisan masyarakat, harus dilayani oleh Baznas dengan prosedur yang cepat, mudah dan bermartabat. Siapa saja yang datang ke kantor Baznas harus diperlakukan sama, tidak boleh dibeda-bedakan menurut asal usul dan statusnya sebagai pembayar zakat ataupun pemohon zakat.

Ketiga, mengamankan dana zakat yang dihimpun dan dikelola, baik oleh Baznas maupun semua Lembaga Amil Zakat (LAZ) sesuai prinsip kepatuhan syariah, legalitas, akuntabilitas, keadilan, kemanfaatan, dan kepatutan.    

"Dalam kaitan ini, saya mengajak segenap jajaran Baznas Pusat dan Baznas di daerah agar semakin memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kementerian Agama sebagai leading sector regulasi, kebijakan dan pengawasan pengelolaan zakat secara nasional," kata dia.

photo
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat melantik sejumlah anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Gedung Kementerian Agama RI, Jakarta, Rabu (30/12). Sejumlah anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2020-2025 dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Berikut nama-nama Pengurus Baznas periode 2020-2025:

Unsur Masyarakat:

1.Noor Achmad (Ketua),

2.Mokhammad Makhdum (Wakil Ketua),

3.Muhammad Nadratuzzaman Hosen (Anggota),

4.Zainulbahar Noor (Anggota),

5.Saidah Sakwan (Anggota),

6.Rizaludin Kurniawan (Anggota),

7.Nur Chamdani (Anggota), dan

8.Achmad Sudrajat (Anggota).

Unsur Pemerintah:

9.Kamaruddin Amin (Anggota),

10.Suminto (Anggota), dan

11.Muhamad Hudori (Anggota).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement