Selasa 27 Oct 2020 10:45 WIB

Jatuh Cinta yang Membuat Ibnu Al-Mubarak Justru Bertaubat

Ibnu Al-Mubarak justru bertaubat saat tengah jatuh cinta pada seorang gadis.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ibnu Al-Mubarak justru bertaubat saat tengah jatuh cinta pada seorang gadis.  Ilustrasi jatuh cinta
Foto: ©wallpaper.com
Ibnu Al-Mubarak justru bertaubat saat tengah jatuh cinta pada seorang gadis. Ilustrasi jatuh cinta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Abdullah bin Al-Mubarak atau Abu Abdurrahman Abdullah bin al-Mubarak adalah ulama hadist terkemuka dan seorang zuhud yang disegani. 

Ia lahir pada tahun 118 H/736 M dari ayahnya seorang Turki dan ibunya seorang Persia.   

Baca Juga

Namun siapa sangka, kesalehan dan ketokohan Abdullah bin Al-Mubarak ini juga dilatarbelakangi dengan pertaubatannya karena tergila-gila kepada seorang gadis. 

Kekaguman terhadap gadis tersebut membuat dirinya gundah dan hanya bisa memikirkan perempuan tersebut.

Suatu malam, sebelum pertaubatannya, saat  musim dingin ia berdiri di bawah jendela kamar

perempuan yang dikasihinya sampai pagi hari. Perbuatan itu dilakukannya hanya karena ingin melihat kekasihnya itu walau untuk sekilas saja. Salju turun sepanjang malam, ketika azan subuh terdengar, ia masih mengira bahwa itu adalah adzan untuk shalat 'Isya. 

Sewaktu fajar menyingsing, barulah ia sadar betapa ia sedemikian terlena dalam merindukan kekasihnya itu. 

"Wahai putera Mubarak yang tak tahu

malu!. Di malam yang indah seperti ini engkau dapat tegak

terpaku sampai pagi hari karena hasrat pribadimu. tetapi apabila seorang imam shalat membaca surah yang panjang engkau menjadi sangat gelisah," katanya kepada dirinya sendiri.

Sejak saat itu hatinya sangat gundah. Kemudian ia bertaubat dan menyibukkan diri dengan beribadah kepada Allah SWT. Setelah bertaubat itu Abdullah bin Mubarak meninggalkan Kota Merv untuk beberapa lama menetap di Baghdad. Di kota inilah ia bergaul dengan tokoh-tokoh sufi. 

Abdullah lalu menjelma sebagai seorang ahli hadits yang terkemuka dan seorang zahid termasyhur. Abdullah bin Mubarak telah belajar di bawah bimbingan beberapa orang guru, baik yang berada di Merv maupun di tempat-tempat lainnya, dan ia sangat ahli di dalam berbagai cabang ilmu pengetahuan, antara lain di dalam gramatika dan kesusastraan.  

Abdullah juga merupakan seorang saudagar kaya yang banyak memberi bantuan kepada orang-orang miskin. Ia meninggal dunia di Kota Hit yang terletak di tepi Sungai Euphrat pada tahun 181 H/797 M. Banyak karya-karyanya mengenai hadits."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement