Rabu 19 Feb 2020 16:35 WIB

Gojek Serahkan 1 Miliar Donasi Hasil Donasi Banjir ke Baznas

Donasi yang terkumpul akan disalurkan oleh BAZNAS untuk fase rehabilitasi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Baznas, GOJEK dan KitaBisa.com berkolaborasi membatu korban gempa Palu dan Donggala.
Foto: Baznas
Baznas, GOJEK dan KitaBisa.com berkolaborasi membatu korban gempa Palu dan Donggala.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gojek platform teknologi menyerahkan donasi sebesar Rp 1 miliar kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu rehabilitasi pascabencana banjir yang melanda Jabodetabek di awal tahun 2020 lalu. Donasi tersebut berasal dari kebaikan hati puluhan ribu masyarakat Indonesia pengguna dan mitra ekosistem Gojek. 

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan, penggalangan dana untuk banjir Jabodetabek ini dilakukan dengan memanfaatkan platform GoGive, layanan donasi online Gojek dengan Kitabisa.com. Agar hasil donasi yang terkumpul bisa dikelola dengan baik, Gojek menyerahkannya ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

Nila Marita mengatakan, Gojek mengucapkan terima kasih atas kepedulian para pengguna aplikasi Gojek yang telah memanfaatkan inovasi Gojek dalam berdonasi digital untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. Menurut dia, semangat ini sejalan dengan visi Gojek untuk memudahkan keseharian masyarakat. "Terutama dalam berbuat baik dan membawa manfaat yang seluas-luasnya," katanya. 

Bantuan ini kata Nila, merupakan tindak lanjut dari aksi nyata dari hulu ke hilir yang Gojek lakukan sejak hari pertama bencana untuk penanggulangan banjir Jabodetabek. Gojek kata Nila telah turun langsung dalam fase tanggap darurat, membantu evakuasi warga dan mitra ekosistem Gojek, serta menyalurkan paket bantuan. 

 

"Selanjutnya, donasi yang terkumpul ini akan disalurkan oleh BAZNAS untuk fase rehabilitasi di berbagai tempat di Jabodetabek," katanya.

Nila menuturkan, dalam masa tanggap darurat bencana banjir, karyawan dan mitra Gojek bergotong royong bersama dengan Pemerintah Pusat, Provinsi DKI Jakarta, lembaga-lembaganya dan masyarakat luas membantu korban banjir.

Kata dia, ratusan relawan-kariawan dan mitra Gojek turun langsung membantu evakuasi dan penyaluran paket logistik di 84 titik yang terdampak banjir. Di antaranya Villa Nusa Indah (Bekasi), Kademangan dan Ciledug Indah (Tangerang), Teluk Gong

(Jakarta Utara), Cengkareng dan Rawa Buaya (Jakarta Barat), Ciracas, Jatinegara, dan Rusunawa

Pengadegan (Jakarta Timur). 

Selain driver, mitra GoClean juga turut mebantu membersihkan berbagai

fasilitas publik, termasuk kantor kelurahan, gelanggang olahraga, dan fasilitas ibadah. Gojek juga

mendistribusikan seragam sekolah dan paket alat kebersihan di sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah di lima kotamadya di Jakarta, bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement