Selasa 18 Feb 2020 22:06 WIB

Sambut Muktamar, Muhammadiyah Gelar Lomba Fachrodin Award

Lomba karya tulis Fachrodin Award mengangkat kiprah tokoh lokal Muhammadiyah.

Lomba karya tulis Fachrodin Award mengangkat kiprah tokoh lokal Muhammadiyah. Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Lomba karya tulis Fachrodin Award mengangkat kiprah tokoh lokal Muhammadiyah. Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar perlombaan penulisan Fachrodin Award 2020 untuk mengangkat kiprah tokoh lokal Muhammadiyah yang berperan nyata bagi masyarakat.

"Terdapat empat topik," kata koordinator lomba Imam Prihadiyoko di Jakarta, Selasa (18/2).

Baca Juga

Dia mengatakan topik itu pertama soal sejarah dan peran Muhammadiyah di berbagai daerah. Kedua, dakwah kader Muhammadiyah di berbagai bidang.

Ketiga, kata dia, peran amal usaha Muhammadiyah dalam melayani umat dan bangsa. Keempat peran strategis tokoh Muhammadiyah di tingkat lokal di berbagai daerah di Indonesia.

Panitia menerima tulisan hingga 7 Juni 2020 dan pemenang akan diumumkan saat Muktamar Muhamamdiyah 2020 di Surakarta, Jawa Tengah.

Tokoh intelektual Muhammadiyah, Najib Burhani, mencontohkan peran Muhammadiyah di Kokoda, Papua Barat. "Kokoda adalah sebuah kampung yang penduduknya semula nomaden. Namun, sejak kehadiran Muhammadiyah, mereka menjadi menetap dan membangun peradaban," katanya.

Kasus menarik lainnya, kata dia, Muhammadiyah di Martapura, Kalimantan Selatan yang dibangun komunitas Arab. "Di tempat lain, seperti Bengkulu, komunitas Tionghoa berperan dalam pengembangan Muhammadiyah," kata penulis buku Muhammadiyah Jawa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement