Senin 17 Feb 2020 04:31 WIB
Khalifah

Jejak Ottoman Selamatkan Kelaparan Warga Kristen Irlandia

Kekhalifahan Ottoman yang ternyata mengajarkan apa itu toleransi agama.

Monumen 'Great Famine  di Costum House Quay di  Dublin Docklands, Irelandia.
Foto:

Sebuah artikel di aa.com dari Drogheda Irlandia, misalnya, mengisahkan begini:

Ribuan mil jauhnya, di ibu kota Ottoman Istanbul, Sultan Abdulmejid I disadarkan akan penderitaan manusia yang luar biasa ini ketika dokter giginya, yang datang dari Irlandia, memberi tahu dia tentang situasi putus asa itu.

Sultan dengan cepat menawarkan £ 10.000--lebih dari satu juta pound pada nilai saat ini ($ 1,3 juta)--untuk digunakan membantu orang-orang Irlandia yang kelaparan.

Namun, Ratu Victoria telah membantu Irlandia dengan £ 2.000 dan penasihatnya di London menolak untuk menerima tawaran apa pun yang melebihi bantuan raja.

Dihadapkan dengan perintah ini, Sultan Abdulmejid dengan enggan memangkas tawaran bantuan awalnya, dan mengirim Irlandia £ 1.000 sebagai gantinya.

Namun, sultan memiliki keinginan yang kuat untuk memberikan bantuan lebih banyak untuk tujuan kemanusiaan ini.

"Dia sangat ingin melakukan lebih banyak dan itulah sebabnya dia memerintahkan tiga kapal untuk membawa makanan, obat-obatan, dan keperluan mendesak lainnya ke Irlandia," kata Levent Murat Burhan, duta besar Turki di Dublin, terkait apa yang terjadi selanjutnya.

Hasil gambar untuk Sultan abdul majeed

   Keterangan gambar: Sultan Abdul Majeed, penguasa Turki yang dermawan.

Berbicara kepada kantor berita Turki, Anadolu, Burhan mengatakan, operasi bantuan bersejarah dilakukan secara diam-diam karena angkatan laut Inggris tidak akan mengizinkan kapal asing berlabuh di pelabuhan baik di ibu kota Dublin atau Cork.

"Jadi, kapal-kapal Ottoman harus melakukan perjalanan lebih jauh ke utara dan mengirimkan bantuan ke Pelabuhan Drogheda," kata Burhan.

Bantuan itu dikirim ke dermaga Drogheda di pantai Sungai Boyne, terutama di tempat itulah kedermawanan Kekaisaran Ottoman masih diingat oleh penduduk setempat, 173 tahun kemudian.

Pengunjung Museum Dublin dapat menemukan peringatan dan informasi tentang bantuan tak terlupakan dari Turki Ottoman ini, tetapi sebuah plakat di dinding sebuah bangunan pusat Drogheda, diresmikan pada 1995 oleh Wali Kota Alderman Godfrey dan Duta Besar Turki untuk Irlandia, Taner Baytok, berbunyi, "The Great Irish Famine tahun 1847 - Untuk mengenang dan mengakui kemurahan hati rakyat Turki terhadap rakyat Irlandia."

Selama kunjungan 2010 ke Ankara, Presiden Irlandia saat itu Mary McAleese menyatakan terima kasih rakyat Irlandia atas bantuan tersebut, mengatakan bahwa orang-orang Drogheda telah "memasukkan ke dalam lambang mereka lambang indah Anda sendiri, bulan sabit indah dan bintang, dan mereka ada di sana hingga hari ini. "

Seseorang memang dapat melihat lambang bulan sabit Turki dan bintang di seluruh kota. Dan yang paling terkenal di lambang tim sepak bola lokal, Drogheda United.

Terlepas dari plakat rasa terima kasih di pusat kota, bulan sabit dan bintang diukir pada batu dan dilukis di dinding.

Hasil gambar untuk Drogheda United

     Lambang Klub Sepakbola Drogheda United yang ikut liga primer Irlandia.

Namun, mungkin bukti paling signifikan dari bantuan dan rasa terima kasih lokal untuk itu datang dalam surat yang ditandatangani oleh pejabat tinggi setempat Drogheda.

Dengan bangga, Duta Besar Burhan menunjukkan kepada kantor berita Turki, Anadolu Agency, mengenai salinan surat itu di kamar resminya di Dublin.

Surat itu berbunyi: "Kami, sebagai bangsawan Irlandia, pejabat tinggi dan rakyat, menyampaikan rasa terima kasih kami kepada sultan Ottoman atas bantuannya yang murah hati kepada kami karena bencana kelaparan. Tidak dapat dihindari bahwa kami meminta bantuan negara lain untuk menyingkirkan ancaman. dan kelaparan dan kematian.

"Jawaban yang diberikan kepada panggilan bantuan dengan murah hati oleh Sultan Ottoman juga telah menjadi model bagi negara-negara Eropa. Berkat perilaku yang akurat ini, banyak orang telah santai dan terbunuh. Kami mengucapkan terima kasih atas nama mereka dan berdoa untuk Sultan Ottoman dan negaranya untuk tidak menghadapi bencana seperti yang kita lakukan. "

"Bagus, manusiawi, murah hati."

Sebuah artikel berjudul A Benevolent Sultan, yang ditulis dalam jurnal agama, memuji kemurahan hati Abdulmejid.

"Untuk pertama kalinya seorang penguasa [Muslim] Mohammad, yang mewakili populasi Islam yang beraneka ragam, secara spontan memanifestasikan simpati hangat dengan negara Kristen," katanya.

"Semoga simpati seperti itu, dalam semua amal kemanusiaan umat manusia yang sama, dipupuk dan untuk selanjutnya dapat dipertahankan antara para pengikut bulan sabit dan salib!"

Jurnal nasionalis Irlandia juga merayakan pendekatan filantropi Sultan terhadap kelaparan Irlandia, menyebut Abdulmejid sebagai "pria yang baik, manusiawi, dan dermawan."

"Seorang yang percaya pada Mohammedanisme [Islam], dia bertindak dalam semangat sejati pengikut Kristus, dan memberi contoh yang akan ditiru oleh banyak orang Kristen dengan baik untuk ditiru."

Putra Irlandia James Joyce, novelis legendaris, bahkan menyebut bantuan Abdulmejid dalam karya besarnya Ulysses.

"Bahkan Grand Turk mengirimi kami piasternya," kata salah satu karakter buku itu, mengkritik kurangnya bantuan dari Inggris selama masa-masa sulit itu.

Hubungan baik

Duta Besar Burhan telah mengunjungi Drogheda beberapa kali, setiap kali mendapat sambutan hangat dari politisi setempat.

Memang, rasa hormat dan cinta untuk orang Turki masih ada. Dia ingat balapan amal dengan Frank Geoffrey, saat itu walikota Drogheda.

"Dia pulang dan membawa bendera Turki untuk menjalankannya," kata Burhan, menjelaskan bahwa dia senang melihat walikota menyimpan bendera Turki di rumah.

Burhan juga mengatakan bahwa kedutaan sedang mengerjakan rencana untuk pertandingan sepak bola amal antara Drogheda United dan Trabzonspor, tim Liga Super Turki dari Black.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement