Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

13 Tanda-Tanda Sebaik-Baik Manusia, Apakah Kita Termasuk?

Selasa 04 Feb 2020 14:57 WIB

Rep: MgRol 127/ Red: Nashih Nashrullah

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu menebarkan kebaikan.Ibadah bulan Ramadhan (ilustrasi)

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu menebarkan kebaikan.Ibadah bulan Ramadhan (ilustrasi)

Foto: Antara//Adeng Bustomi
Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu menebarkan kebaikan.

REPUBLIKA.CO.ID,  Tentu menjadi sebaik-baik makhluk menjadi tujuan utama bagi seorang Muslim. Akan tetapi, menuju kepada pribadi yang paripurna, atau setidaknya menjadi pribadi yang bertaqwa dan berihsan perlu perjuangan yang tak ringan. 

Ustaz Said Yai Ardiansyah, dalam buku Siapakah Sebaik-Baik Manusia, menjelaskan beberapa ciri sebaik-baik makhluk. Berikut ini sejumlah ciri-ciri sebaik-baik makhluk sebagaimana disarikan dari sejumlah teks agama. Apakah Anda salah satunya?

1. Beriman dan beramal saleh  

Baca Juga

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS al-Bayyinah [98]: 7) 

2. Ingat Allah bila melihatnya 

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik hamba di kalangan umat ini adalah yang apabila mereka dilihat maka Allah SWt diingat?” (al-Khara-ithi dalam Masawi’ al-Akhlaq.)

3. Belajar dan mengajarkan Alquran

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari) 

4. Paling baik kepada istri dan anaknya 

Begitu pula sabdanya SAW: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. Dan saya adalah yang terbaik dari kalian terhadap keluargaku.” (HR at-Tirmizi) 

5. Berakhlak baik dan menuntut ilmu 

Beliau SAW bersabda: Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya. (HR Bukhari) 

Dalam riwayat lain menyebutkan, “Sebaik-baik kalian Islamnya adalah yang paling baik akhlak jika mereka menuntut ilmu.” (HR Ahmad)  

6. Bersikap baik   

Dan juga beliau SAW bersabda: Sebaik-baik kalian ketika masa Jahiliyah adalah sebaik-baik kalian di dalam Islam jika memahami agama.” (HR Bukhari) 

7. Memberi makan 

Beliau SAW juga bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” (HR Ahmad) 

8. Masyarakat mengharap kebaikannya dan aman dari keburukannya 

“Sebaik-baik kalian adalah yang diharapkan kebaikannya dan dirasakan aman dari keburukannya. Dan seburuk-buruk kalian adalah yang tidak diharapkan kebaikannya dan tidak dirasakan aman dari keburukannya.” (HR at-Tirmidzi) 

9. Paling baik dalam membayar utang 

Nabi SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam pembayaran (utang).” (HR Bukhari) 

10. Paling bermanfaat bagi manusia  

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.” (HR ath-Thabari) 

11. Panjang umur dan baik amalnya 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Busr bahwasanya seorang Arab badui berkata, Ya Rasulullah! Siapakah sebaik-baik manusia?" Beliau menjawab, "Yang panjang umurnya dan baik amalannya." (HR at-Tirmidzi)  

12. Paling lembut shalat berjamaah dan menutup celah shaf 

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling lembut pundaknya ketika shalat (berjamaah) dan tidak ada satu langkah dari seorang hamba ketika melangkahkan satu langkah yang pahalanya lebih besar melebihi langkahnya seorang laki-laki yang berjalan menuju celah di shaff kemudian dia menutupinya.” (HR at-Thabari)

13. Berhati al-Mahmum, jujur, dan zuhud 

Dan juga sabda beliau SAW: Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin al-Ash dia berkata, "Kami berkata, 'Ya Rasulullah! Siapakah sebaik-baik manusia?' 

Beliau SAW menjawab, '(Dia adalah) yang memiliki hati al-mahmuum dan (yang memiliki) lisan yang jujur.' Kami berkata, 'Kami telah mengetahui (lisan) yang jujur, apa yang dimaksud dengan hati al-mahmuum?' 

Beliau SAW menjawab, 'Dia adalah hati yang bertakwa dan suci yang tidak ada dosa di dalamnya dan tidak ada rasa dengki/iri! Kami berkata, 'Siapakah orang setelahnya?'

Beliau SAW menjawab, '(Dia adalah) yang membenci dunia dan mencintai akhirat! Mereka berkata, 'Kami tidak mengetahui ada orang seperti ini kecuali Rafi’ maula Rasulullah SAW. Siapakah orang setelahnya?'  

Beliau SAW menjawab, 'Seorang Mukmin yang berakhlak baik.' Mereka berkata, 'Adapun ini, maka ada pada kami!" (HR al- Baihaqi)   

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA