Senin 13 Jan 2020 07:21 WIB

Putra Mahkota UEA: Indonesia Jadi Contoh Islam yang Damai

Putra Mahkota UEA memuji potret Islam Indonesia yang damai.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nashih Nashrullah
Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memuji potret Islam Indonesia yang damai.
Foto: EPA-EFE/Roman Pilipey
Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memuji potret Islam Indonesia yang damai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed sepakat melakukan kerjasama di sejumlah bidang. Keduanya pun menyaksikan pertukaran 16 perjanjian kerjasama antara delegasi Indonesia dan UEA saat pertemuan bilateral berlangsung di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan di Abu Dhabi, UEA, Ahad (12/1).

“Saya sangat sambut baik, hari ini 16 perjanjian kerja sama dapat dilakukan,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari siaran resmi Istana, Senin (13/1). 

Baca Juga

Adapun perjanjian kerja sama tersebut terdiri atas lima perjanjian antarpemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Selain itu, terdapat pula 11 perjanjian bisnis antara lain di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar 22.89 miliar dolar AS atau sekitar 314,9 triliun rupiah.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi juga menyampaikan Indonesia ingin menjadikan UEA sebagai mitra dalam pendidikan Islam yang modern, moderat dan penuh toleran. “Hal ini sangat penting artinya bagi upaya mencegah ektremisme dan terorisme,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed menyampaikan Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. “Islam tidak pernah mengajarkan terorisme. Islam selalu mengedepankan kedamaian,” ujar Putra Mahkota.

Dia menambahkan Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dan dapat menjadi negara contoh di mana umatnya hidup damai. “Islam di Indonesia dapat menjadi contoh Islam yang damai,” kata Putra Mahkota.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada Putra Mahkota Mohamed Bin Zayed atas dukungan dan bantuan dalam pembangunan masjid dan Islamic Center di Kota Solo dan pemberian tanah dan gedung bagi Kedutaan Besar Republik Indonesia di UEA.

Sebaliknya, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan Presiden Jokowi dan delegasi Indonesia. “Selamat datang di rumah kedua,” kata Putra Mahkota Mohamed bin Zayed.

Selama kunjungannya di Indonesia beberapa waktu lalu, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed merasa terkesan dengan penyambutan di Indonesia. “Bahkan kami meniru apa yang dilakukan di Indonesia, di sini juga kita bertemu dengan anak-anak yang membawa bendera UEA dan Indonesia,” ungkap Putra Mahkota Mohamed bin Zayed. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement