Sabtu 23 Nov 2019 13:31 WIB

Superqurban Siaga Pangan Pascabencana Angin Puting Beliung

Rumah Zakat menyalurkan 50 paket sebagai bantuan ketahanan pangan warga terdampak.

Rumah Zakat salurkan paket Superqurban ke korban bencana angin puting beliung.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat salurkan paket Superqurban ke korban bencana angin puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Hujan yang disertai angin puting beliung yang menerjang wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (18/11), menyebabkan beberapa kerusakan bangunan rumah, fasilitas umum, hingga timbulnya korban luka. Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Jember tercatat sembilan desa di enam Kecamatan terdampak bencana angin puting beliung.

Ada 49 rumah rusak ringan, 12 rumah rusak sedang, lima rumah rusak berat, dua fasilitas ibadah rusak ringan, satu Fasilitas Pendidikan rusak ringan, tiga gudang tembakau rusak berat, satu tempat usaha rusak berat, serta menimbulkan korban yakni satu orang luka ringan berdasarkan update per Selasa (19/11) pukul 19.00 WIB lalu. Proses pendataan masih terus dilakukan, seiring adanya berbagai laporan yang masuk baik dari warga ataupun desa.

Baca Juga

Rabu (20/11), dua relawan Rumah Zakat Action bersama BPBD Jember mendistribusikan bantuan berupa sembako, kasur, terpal, tikar, dan sarung. Sementara Rumah Zakat kali ini dukung dengan Superqurban menyalurkan sebanyak 50 paket sebagai bantuan ketahanan pangan pascabencana bagi warga terdampak.

"Terima kasih banyak kepada donatur dan Rumah Zakat atas bantuannya, ini sangat bermanfaat bagi kami untuk makan beberapa hari kedepan, mengingat kondisi dapur saya sudah rusak dan roboh," ujar Sutia, salah satu warga terdampak.

Kondisi saat ini beberapa warga terdampak yang rumahnya roboh sementara mengungsi di tetangganya, warga sangat berharap bantuan dari pemerintah, donatur, maupun dari yang lain. Sementara yang saat ini yang masih mendesak yakni peralatan dapur, alat kebersihan, perlengkapan ibadah serta bahan material bangunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement