Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Rajin Baca Alquran, Joddy Pelawak: Allah Kasih Waktu Tobat

Kamis 21 Nov 2019 17:39 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Alquran/Ilustrasi

Alquran/Ilustrasi

Joddy Bedjo kini berhenti menjadi pelawak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kehidupan pelawak sekaligus presenter Joddy Bedjo kini berubah drastis. Setelah lama tak tampil dilayar kaca, kehidupan sehari-hari pemilik nama lengkap Joddy Sumantri itu kini lebih religius. 

Baca Juga

Tak hanya itu, Joddy yang sekarang bergelut di dunia biro perjalanan umrah makin sering mengisi hari-harinya dengan membaca Alquran.  

Saat membawakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Yang diselenggarakan GAS Motorcycle Jakarta bersama komunitas pecinta motor gede pada Rabu (20/11) malam, Joddy menceritakan secuil kisah awal dirinya berhijrah.  

Berawal pada 2016, ketika  pelawak yang hobi dengan dunia otomotif itu divonis terkena serangan jantung. Mulanya Joddy enggan untuk menindaklanjuti vonis itu dengan pemasangan ring.

Namun setelah pertemuannya dengan seorang dokter pada salah satu acara kesehatan di sebuah stasiun televisi swasta, Joddy pun memutuskan untuk menindaklanjuti dengan mengambil tindakan medis atas penyakit yang dideritanya. 

Joddy mengatakan kini dalam tubuhnya terdapat tiga ring dan dua balon jantung. Meski begitu, kondisi Joddy kini tampak sehat. "Ini sebuah tanda dari Allah, Allah begitu sayang pada saya," kata Joddy. 

Joddy pun menceritakan rahasia di balik kesehatannya pascamenjalani pemasangan ring atas vonis serangan jantung yang dideritanya. Kala itu, Joddy mengatakan saudaranya menyarankannya untuk mulai kembali mengingat Allah dengan beristiqamah membaca Aquran.  

"Kakak saya bilang baca Alquran, karana Alquran itu adalah penyembuh. Pada 2017 saya baca Alquran dengan terbata-bata, saya coba lagi, saya dikasih hidayah sama Allah, ‘hei baca Alquran terbata-bata pahalanya dua kali lipat’, terbata bata saja dua kali lipat, saya terus baca lagi," katanya. 

Makin hari, Joddy semakin terhanyut dengan ayat-ayat Alquran yang rutin dibacanya meski dengan terbata-bata. Hingga kemudian dia bertemu dengan seorang ulama yang memberinya mushaf Alquran dan memintanya untuk terus membacanya. Lama kelamaan, bacaan Alqurannya pun semakin lancar.  

"Saya akhirnya bisa membaca mushaf seperti baca koran, terus saya baca. Dan saya coba mencintai Alquran karena saya yakin itu menjadi syafaat bagi saya di hari kiamat," kayanya 

Di usianya yang sudah lebih dari 50 tahun itu, Joddy juga memutuskan untuk mengisi hidupnya dengan amal dan tampil lebih sederhana. Joddy menjual rumah, kendaraan serta membebaskan diri dari perkara riba. 

Menurut Joddy hal itu membuat hidupnya lebih nikmat, tak hanya itu Joddy pun mengaku kini banyak rezeki yang datang bertubi-tubi padanya. Saat ini Joddy berfokus sebagai konsultan di salah satu biro perjalanan umrah. 

"Sekarang sudah hampir tiga tahun, dan dalam keadaan yang dilihat seperti ini, hah sudah pasang tiga ring? Saya mencoba bersyukur, saya masih diberikan waktu bertobat dan bersujud pada Allah," katanya. Andrian Saputra

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA