Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Kisah Tentang Karamah: Dua Binatang Buas Penjaga Imam Nawawi

Rabu 06 Nov 2019 12:18 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Makam Imam Nawawi yang Dihancurkan Kelompok Al Nusra

Makam Imam Nawawi yang Dihancurkan Kelompok Al Nusra

Foto: aljazeera.com
Imam Nawawi bukan saja melainkan tetapi juga dikenal taat beragama.

REPUBLIKA.CO.ID, Karamah adalah salah satu kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang terpilih. Biasanya dianugerahkan untuk para hamba yang salih dan para wali. 

Baca Juga

Salah satunya adalah yang didapat Imam an-Nawawi  (631-676 H). Pemilik nama lengkap Abu Zakaria bin Yahya bin Syaraf an-Nawawy ad-Dimasyqy ini, dalam sebuah riwayat, dikisahkan bahwa pada 1265 M, setelah mengalahkan bangsa Tartar di Syam, (Syria), seorang raja Koptik Mesir yang bernama Az-Zahir Baybars I atau Rukn ad-Din Abu al-Futuh Baybars at-Turky meminta fatwa kepada para ulama Syam agar diperbolehkan mengambil harta dari Baitul Maal atas usaha mereka meluluhlantakkan bangsa Tartar yang selama ini menguasai Syam.

Dengan iming-iming harta atau juga karena takut, sebagian ulama Syam memberikan fatwanya dan bagi yang menolak akan dibunuh. 

Dari sekian banyak ulama yang menolak, Imam an-Nawawi tegas menentang kebijakan sang raja tersebut. Bahkan, pengarang sejumlah karya antara lain kitab Riyadh al-Shalihin itu mengatakan bahwa perbuatan raja itu zalim. 

Mendengar ucapan ini, marahlah sang raja. Namun, entah mengapa, sang raja tidak berani membunuh sang ulama tersebut dan malah menyuruhnya segera keluar dari Syam.

Ketika ditanyakan perihal tersebut, sang raja berkata, ''Entah mengapa, ketika saya ingin memerintahkan supaya ulama ini dibunuh seperti yang lainnya, tiba-tiba saya melihat ada dua ekor binatang pemangsa yang bersiap untuk menerkam saya. Karena itulah, saya membatalkan pembunuhan tersebut,'' ucap sang raja.

 

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA