Senin 19 Aug 2019 11:11 WIB

Masjid Kobe, Masjid Tertua di Jepang

Masjid Kobe dibangun tahun 1935.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid Kobe di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang.
Foto: Jepang.panduanwisata.com
Masjid Kobe di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda mengunjungi kota Kobe di Jepang, ada banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi seperti pelabuhan dan Kitano-cho, sebuah distrik kecil dengan rumah-rumah Eropa kuno.

Tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa Kobe juga merupakan kota dimana masjid pertama dan tertua di Jepang.

Dilansir di star2.com, Ahad (18/8) maskjid ini didirikan pada tahun 1935, masjid ini terletak di Kitano-cho, salah satu daerah wisata kota Kobe yang lebih terkenal. Masjid ini berdiri disandingkan di antara bangunan bersejarah bergaya Eropa di sana, beberapa di antaranya dapat dikunjungi.

Masjid ini dibangun melalui sumbangan yang dikumpulkan oleh Komite Islam Kobe dari 1928 hingga 1935, dari India, Tatar, dan Muslim Turki yang tinggal di lingkungan itu. Meskipun properti itu disita oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1943, properti ini terus berfungsi sebagai masjid saat ini.

Arsitektur masjid agak unik. Dibangun dengan gaya tradisional India oleh arsitek Ceko Jan Josef Svagr (1885-1969) yang juga merancang beberapa bangunan keagamaan lainnya di Jepang.

Karena struktur dan ruang bawah tanahnya, masjid selamat melalui serangan udara yang menghancurkan kota pada tahun 1945 selama Perang Dunia II. Itu juga selamat dari gempa besar Hanshin pada tahun 1995.

Ruang sholat terdiri dari lampu gantung elegan dan karpet hiasan. Masjid ini terbuka untuk semua pengunjung. Jam operasional adalah dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement