Senin 27 May 2019 11:41 WIB

Ujung Oppa Memeluk Islam Tingkatkan Motivasi Hidup

Dengan menjadi Muslim Youtuber, ia ingin merasakan ketenangan hidup.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim saat shalat di Masjid Sentral Seoul, di Korea Selatan.
Foto:

Namun, hidayah Allah datang, Muhammad Son kemudian yakin untuk bersyahadat saat itu meski awalnya menolak diajak. Setelah menjadi mualaf, Ujung ragu bahwa Son akan istiqamah karena hidup menjadi Muslim di Korea tidaklah mudah.

Banyak larangan yang harus ditaati, tetapi telah menjadi kebiasaan di Korea. Namun, setelah satu tahun melihat perubahan hidup Son yang kini lebih bahagia, Oppa semakin bertanya-tanya. Bagaimana bisa Son hidup melepas pekerjaannya, meninggalkan teman-temannya yang menikmati hidangan nonhalal.

Ternyata, Son memeluk Islam. Setelah itu, Oppa semakin mencari tahu kehidupan Son. Kian hari, kehidupan lelaki itu kian membaik. Rumah tangganya bagus. Oppa akhirnya tertarik untuk memeluk Islam.

Oppa mengaku bersyukur Allah memberinya kemudahan. Dia sangat aktif di masjid, mendapat istri asal Indoensia yang salihah dan ekonominya terbantu dengan istri yang bekerja. Padahal, sebelum memeluk Islam, Son terlihat memiliki banyak kekhawatiran dan stres. Kini, wajahnya lebih bercahaya dan sangat percaya diri.

Ingin Bahagia Sebelum menjadi mualaf, Oppa tidak paham arti bahagia. Hidupnya saat itu ingin menghindari stres, depresi, dan galau. Dia berusaha mencari cara untuk bahagia di usianya yang mendekati 34 tahun. Dari sisi perekonomian, keluarganya tergolong mapan. Ayahnya merupakan direktur di perusahaan Hyundai. Tapi, semenjak dewasa, dia tidak lagi meminta uang kepada orang tua karena ingin hidup mandiri.

Dulu, dia memahami bahagia adalah orang yang kaya raya dan memiliki paras tampan. Tetapi, selama ini, dia tidak merasakan kebahagiaan itu. Kebanyakan Muslim yang dikenal Oppa terlihat sangat bahagia kaarena senyum tulus. Oppa pun meyakini menjadi Muslim akan membuatnya bahagia.

Sehing ga, dengan keikhlasan dan kesungguhan, dia menjadi mualaf. Setelah itu, dia berusaha untuk belajar ibadah wajib untuk seorang Muslim. Dia bertemu dengan ustaz untuk membimbingnya belajar shalat dan mengaji. Setelah menjadi mualaf, dia pun dihadiahi Alquran untuk belajar membaca Alquran.

Sejak menjadi Muslim, dia tidak pernah absen shalat Jumat. Tapi, untuk shalat lima waktu secara penuh, dia mengakui masih mengalami kesulitan. Apalagi, jika masuk waktu shalat ia terjebak macet di jalan atau mendapat halangan lainnya.

Dalam waktu dua tahun ini, Oppa juga berharap dapat menikah dengan wanita Indonesia, meski saat ini dia tidak berpacaran. Banyak teman Korea yang menganggap dia aneh.

Namun, dalam waktu dekat, pada Desember dia akan melaksankaan ibadah umrah. Tak hanya itu, dia memiliki nazar sebagai Youtuber. Jika pengikut Youtubenya melebihi lima juta, dia ingin membangun masjid. Dia berharap, dapat menjadi warga Indonesia meski ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, perlu ada diskusi bersama dengan keluarga terkait masalah ini. ¦ 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement