Selasa 07 May 2019 14:41 WIB

Keringat Berlebihan, Begini Resep Ibnu Al-Telmiz

Ibnu al-Telmiz menjadikan masalah bau badan dan keringat dalam bab yang terpisah.

Berkeringat (ilustrasi)
Foto: examiner.com
Berkeringat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada satu lagi ilmuwan Arab yang juga menaruh perhatian pada bau badan. Ibn al-Telmiz (meninggal 1165 M) membicarakan tentang produk penghilang bau badan dalam bab ke-12 (terakhir) dari bukunya yang ber judul Farmakologi Ibn al- Telmiz.

Mengingat begitu pentingnya masalah bau ba dan ini, Ibn al- Telmiz menuliskannya dalam bab terpisah dengan tak lupa menunjukkan bagaimana cara penanggulangannya. Kitab itu merupakan buku resep obat-obatan yang paling komprehensif pada masa itu sehingga banyak menjadi rujukan berbagai rumah sakit dan dokter. Lebih penting lagi, kitab ini tak menginduk pada buku pengobatan lainnya.

Baca Juga

Dalam salah satu resep untuk mengatasi bau badan, Ibn al-Telmiz menyebutkan ketumbar kering, tanaman rhus coriara (tanner’s su mach), dan beras yang dicuci dengan berat masing-masing sekitar 10 dirham. Semua bahan itu dimasak dengan tiga pon air (1,5 liter) hingga tersisa sepertiganya. Kemudian, larutan itu disaring. Tiga ons ramuan itu diminum tiap hari. Setelah itu, tubuh harus diusapi dengan perasan buah quince dan lumpur Armenia. Lalu, bunga butchers ditaburkan ke seluruh tubuh bersama dengan daun ta marisk dan debu halus.

Ibn al-Telmiz juga meresepkan mengenai cara untuk menghilangkan keringat berlebihan. Pertama, tubuh dibersihkan dengan cairan mawar dan bunga butchers, kemudian air mawar diusapkan ke seluruh tubuh, lalu dikipasi. Orang yang meng alami keringat berlebihan harus tidur di tempat yang dipenuhi daun sanle, anggur, butchers, plum, dan apel.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement