Kamis 24 Jan 2019 15:35 WIB

Masjid Agung Umayyah Terinspirasi Gaya Persia

Masjid Agung Umayyah adalah murni hasil kerja umat Islam.

Masjid Agung Umayyad Damaskus
Foto: http://www.sacred-destinations.com
Masjid Agung Damaskus, masjid bersejarah peninggalan Bani Umayyah.

Sebab, biasanya jumlah menara yang ada pada masjid jumlahnya satu, dua, empat, atau tujuh seperti yang terdapat di Al-Haram As-Sharif (Ka’bah). Sementara itu, menara Masjid Umayyah ini hanya tiga buah. Tak ada penjelasan mengapa hanya tiga buah menara.

Menara pada Masjid Umayyah ini merupakan usaha pembuatan menara pertama pada bangunan masjid. Awal nya, pada bekas bangunan gereja St John Baptist Basilika terdapat dua buah menara yang berfungsi sebagai penunjuk waktu, lonceng pada siang hari dan kerlipan lampu pa da malam hari.

Menara itu merupakan salah satu ciri khas bangunan Romawi. Kedua menara peninggalan bangunan gereja ini terdapat pada sisi barat dan timur. Me nara sebelah timur atau yang biasa disebut sebagai Me nara Isa diyakini sebagai tempat akan turunnya Nabi Isa AS.

Khalifah al-Walid yang memang dikenal memiliki selera dan kepedulian tinggi dalam rancang bangun arsitektur dan telah memulai tradisi membangun menara sebagai salah satu unsur khas pada masjid. Terlepas dari mana asal-muasalnya, Khalifah al-Walid amat tertarik untuk mempertahankan kedua menara yang bertengger di bangunan bekas gereja tersebut.

Bahkan, untuk mempertegas wibawa dan kemegahan Masjid Umayyah, beliau kemudian membangun lagi sebuah menara di sisi utara pelataran masjid, yakni tepat di atas Gerbang al-Firdaus. Menara itu pun biasa disebut menara utara Masjid Umayyah. Kala itu, menara masjid adalah sesuatu yang baru dalam arsitektur Islam.

Bentuk menara utara Masjid Umayyah yang memiliki bentuk ramping dengan hiasan ornamen pada bagian kubah puncak menara terbilang cukup populer. Hingga 250 tahun kemudian, bentuk menara Masjid Umayyah masih menjadi model tipikal menara Masjid al-Azhar yang dibangun oleh Dinasti Fatimiyah di Kairo.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement