Senin 01 Oct 2018 14:23 WIB

Ribuan Qari dan Hafidz Ikuti MTQ Nasional 2018

Mereka akan mengikuti 12 cabang lomba di 12 arena lomba atau mimbar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat nasional ke-27 di Medan dan Deli Serdang pqda 4-13 Oktober 2018. Sebanyak 1.555 qori' dan hafidz yang akan menjadi peserta dalam kegiatan akbar para pecinta Alquran ini.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Khoiruddin mengatakan, seribuan lebih peserta itu merupakan delegasi dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka akan mengikuti 12 cabang lomba di 12 arena lomba atau mimbar.

"Peserta MTQ tahun ini seluruhnya 1.555 dari seluruh provinsi. Itu ada 12 mimbar yang akan ditampilkan," ujar Khoiruddin saat dihubungi Republika.co.id, Senin (1/10).

Dia mengatakan, untuk meningkatkan kualitas qori' dan hafidz di Indonesia, pihaknya juga telah melakukan lima reformasi pada pergelaran MTQ Nasional tahun ini, yaitu diterbitkannya Peraturan Menteria Agama (PMA) tentang Seleksi Tilwatil Qura'n (STQ) dan MTQ, menyediakan alat fingerprint, menyediakan aplikasi e-Maqra, menyediakan aplikasi Musabaqah, dan memberikan layanan publik.

"Itu reformasi yang baru untuk MTQ tahun ini. Ini sebagai upaya agar MTQ ini bisa berjalan dengan baik dan transparan dan menghasilkan para qori-qoriah dan  hafidz-hafidzah yang berkualitas," ucap Khoiruddin.

Dalam MTQ Nasional ini juga akan digelar berbagai seminar, parade 1.000 hafidz, Malam Ta'aruf, pameran, pawai ta'aruf, dan peluncuran buku. Menurut dia, para peserta yang menang lomba nantinya akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti MTQ tingkat Internasional.

"Nanti para juara ini tidak menutut kemungkinan akan dikirim ke luar negeri untuk mengikuti musabaqah Internasional. Jadi ini sekaligus penyeleksian," kata Khoiruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement