Senin 09 Apr 2018 12:30 WIB

Kemuliaan Masjid Al-Aqsha

Secara historis, Masjid al-Aqsha disebutkan sebagai masjid kedua yang dibangun di muk

Peta Kompleks Masjid Al-Aqsha.
Foto: Ilustrasi Ninio
Peta Kompleks Masjid Al-Aqsha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masjid adalah tempat yang mulia karena di dalamnya orang mukmin beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya, baik dengan shalat, zikir, doa, maupun membaca Alquran. Dalam hadis dikatakan, Nabi bersabda, "Bagian negeri yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya." (HR Muslim).




Orang yang rajin pergi ke masjid untuk shalat berjamaah dan beribadah disebutkan sebagai orang beriman. Nabi mengatakan, "Jika kamu melihat orang yang suka pergi ke masjid maka persaksikanlah bahwa dia adalah orang beriman." (HR at-Tirmidzi dan Ahmad).



Salah satu masjid di bumi yang memiliki keutamaan besar di sisi Allah sehingga orang beriman didorong untuk mendatangi dan memuliakannya adalah Masjid al- Aqsha yang terletak di Yerusalem, Palestina. Dalam hadis disebutkan, Nabi bersabda, "Seyogianya seseorang lebih bersungguh-sungguh melakukan safar untuk mengunjungi tiga masjid ini: Masjid al-Haram (Makkah), Masjid Nabawi (Madinah), dan Masjid al-Aqsha (Palestina)." (HR al-Bukhari dan Muslim).



Orang yang shalat di Masjid al-Aqsha bahkan dijanjikan akan diampuni dosanya. Nabi mengatakan, "Sesungguhnya Sulaiman bin Dawud tatkala memugar Masjid al-Aqsha ia meminta kepada Allah tiga hal: ia meminta agar setiap hukum yang ia putuskan sama dengan hukum Allah maka Allah pun mengabulkannya; ia juga meminta kepada Allah agar diberi kekuasaan yang tak tertandingi siapa pun maka Allah pun mengabulkannya; ia juga meminta kepada Allah agar setelah selesai memugar Masjid al-Aqsha, siapa pun yang datang ke situ dengan niat untuk shalat dan beribadah, dosanya diampuni dan dibersihkan hingga ia seperti bayi yang baru dilahirkan ibunya maka Allah pun mengabulkannya." (HR an-Nasa'i).



Secara historis, Masjid al-Aqsha disebutkan sebagai masjid kedua yang dibangun di muka bumi setelah Masjid al-Haram. Abu Dzar al-Ghifari pernah bertanya kepada Nabi, "Masjid apakah yang pertama kali dibangun di dunia?" Beliau menjawab, "Masjid al-Haram." Abu Dzar bertanya lagi, "Lalu masjid apakah?" Beliau menjawab, "Masjid al-Aqsha." Abu Dzar bertanya lagi, "Berapa lama jarak di antara keduanya?" Beliau menjawab, "Empat puluh tahun." (HR al-Bukhari dan Muslim).



Masjid al-Aqsha juga pernah menjadi kiblat umat Islam dalam shalat sebelum dialihkan ke Masjid al- Haram (Ka'bah). Disebutkan, 16 atau 17 bulan setelah Nabi hijrah ke Madinah, kiblat dialihkan ke Ka'bah. Artinya, sebelum itu kaum Muslim shalat dengan menghadap ke Masjid al-Aqsha. Masjid ini juga menjadi tempat yang disinggahi Nabi saat melakukan Isra Mi'raj.



Allah berfirman, "Mahasuci Allah, yang telah mem perjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS al-Isra' [17]: 1).



Masjid al-Aqsha, sebagaimana Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi, adalah masjid yang mulia. Kemuliaan ini tidak boleh dikotori apalagi dirusak oleh siapa pun. Ia adalah rumah Allah, tempat orang beriman beribadah dan mendekatkan diri serta bermunajat kepada-Nya dengan penuh ketulusan dan kepasrahan. Karena itu, masjid ini harus dijaga, dilindungi, dan dibela, serta dijauhkan dari tangan-tangan destruktif yang mengingkari, menentang, dan memusuhi Allah. Wallahu a'lam. n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement