Senin 19 Feb 2018 22:49 WIB

Sukabumi Bersiap Jadi Tuan Rumah MTQ Jawa Barat

Pelaksanaan ditargetkan lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Pelaksanaan MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Pelaksanaan MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kabupaten Sukabumi tengah bersiap menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke 35 tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Barat. Rencananya, acara tersebut akan digelar pada April 2018 mendatang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Jabar karena menunjuk Kabupaten Sukabumi selaku tuan rumah dalam penyelenggaran MTQ," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi yang sekaligus penanggung jawab MTQ ke-35, Iyos Somantri, Senin (19/2).

Iyos mengatakan, Sukabumi bertekad menjadikan pelaksanaan MTQ Jabar di Sukabumi lebih baik dari pelaksanaan MTQ sebelumnya. Pemkab akan melakukan langkah dan upaya serta meniru keberhasilan pada MTQ sebelumnya untuk dimodifikasi menjadi lebih baik. Dalam artian mencoba melakukan ATM (amati, tiru, dan modifikasi-red) untuk menjadi lebih baik.

Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan MTQ ujar Iyos, dimulai pada saat pembukaan nanti. Sehingga perlu dipersiapkan termasuk pengalokasian anggarannya.

Jangan sampai tutur Iyos, terjadi ada double penganggaran antara pemprov dan pemkab. Dampaknya dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan.

Menurut Iyos, pelaksanaan MTQ tahun ini bersamaan dengan ajang pilkada Jabar. Untuk menjaga netralitas selama penyelenggaraan maka tidak ada spanduk atau baliho ucapan selamat dari partai atau perorangan. Terkecuali baliho atau Spanduk yang telah ditetapkan oleh panitia MTQ.

Assisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasith menambahkan, ajang MTQ ini juga menjadi sarana mempromosikan objek wisata Geopark Nasional Ciletuh Palabuanratu.

"Dalam buku panduan yang akan disebar ke 27 kota dan kabupaten se-Jabar nanti terdapat muatan lokalnya dimana terdapat foto geopark," imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement