Sabtu 06 Jan 2018 07:07 WIB

Muslim Bulgaria Nikmati Kebebasan Beragama

Rep: mgrol98/ Red: Agung Sasongko
Muslim Bulgaria
Foto: AP
Muslim Bulgaria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Populasi Muslim Bulgaria, termasuk Turki, Bulgaria Muslim, Pomaks, Roma, dan Tatar Krimea, tinggal terutama di Bulgaria timur laut dan di Pegunungan Rhodope. Menurut Sensus 2001, jumlah total Muslim di negara ini mencapai 966.978, setara dengan 12,2 persen populasi.

Terjepit antara Romania, fragmen Yugoslavia, Yunani, Turki dan Laut Hitam, Bulgaria mengangkangi rute perdagangan darat yang menghubungkan Eropa dengan Laut Aegea dan Timur Muslim. Selama tiga ribu tahun, Bulgaria telah menyerap gelombang para penakluk dan pendatang - orang Yunani dan Romawi, Avar dan Pecenegs, Slavia dan Bulgaria, Seljuk dan Ottoman Turki, Romanies, Yahudi, dan Armenia. '

Yang mana hal tersebut menciptakan sebuah masyarakat di mana masyarakat dengan budaya, tradisi, dan Keyakinan bisa tinggal berdampingan tanpa terganggu. Sebagian besar Muslim Bulgaria adalah Muslim Sunni karena Islam Sunni adalah bentuk Islam yang dipromosikan oleh Ottoman Turki selama pemerintahan lima abad mereka di Bulgaria.

Keterbukaan kekristenan Bulgaria ke panteon pabean juga mempengaruhi Muslim Bulgaria, yang menghasilkan kedua agama sebagai satu-satunya fanatisme dan penerimaan keragaman. Sejak awal pemerintahan Ottoman, kehidupan Muslim di Bulgaria terkonsentrasi di dan sekitar kota-kota militer dan kota-kota besar seperti Sofia, Vidin, Shumen, dan Plovdiv.

Di pedesaan Bulgaria, tradisi Muslim dan Kristen saling tumpang tindih. Masjid desa melihat ke gereja-gereja Bulgaria sebagai model arsitektural mereka. Sampai hari ini, banyak tempat ibadah Muslim dan Kristen di pedesaan terlihat sangat mirip dengan bentuknya dan batu bata yang menonjol dari basilika mereka seperti eksterior. Interior mereka yang dihias dengan indah mencerminkan keterbukaan semua orang Bulgaria terhadap motif dan warna alam.

Tetapi pada tahun 1989, mantan pemerintah Bulgaria menghadapi sejarah toleransi berabad-abad di negara tersebut dan menyebabkan eksodus massal sekitar 300.000 warga Bulgaria Muslim, yang sebagian besar berasal dari etnis Turki.

Seperti praktisi kepercayaan lain termasuk orang Kristen Ortodoks, umat Islam menderita di bawah pembatasan kebebasan beragama oleh rezim Todis Zhivkov yang marxis-leninis yang menyukai ateisme dan menindas komunitas religius. Rezim komunis Bulgaria menyatakan kepercayaan Muslim tradisional untuk secara diametris bertentangan dengan ideologi komunis sekuler.

Setelah hancurnya komunisme, umat Islam di Bulgaria kembali menikmati kebebasan beragama yang lebih besar. Beberapa desa menyelenggarakan kursus studi Alquran untuk kaum muda (studi tentang Alquran telah dilarang sepenuhnya di bawah Zhivkov).

Muslim juga mulai menerbitkan surat kabar mereka sendiri, Musulmani, baik Bulgaria maupun Turki. Masjid terbesar di Bulgaria adalah Masjid Tumbul di Shumen, dibangun pada tahun 1744.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement