Jumat 22 Dec 2017 10:57 WIB

Dai Muda Digarapkan Berdakwah ke Pelosok Daerah

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
dai muda kader lembaga dakwah (Ilustrsi)
Foto: dok. lembaga dakwah nahdlatul ulama
dai muda kader lembaga dakwah (Ilustrsi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di daerah perkotaan dinilai sudah banyak kegiatan keagamaan untuk mencerahkan umat Islam. Namun, di daerah pelosok, justru masih banyak masyarakat yang membutuhkan bimbingan keagamaan, sehingga peru peran para dai, khususnya dai muda.

Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Khoiruddin mengatakan, para dai muda saat dibutuhkan kehadirannya oleh umat Islam yang berada di pelosok daerah. Sementara, di daerah perkotaan sendiri sudah terlalu banyak para dai yang berceramah, sehingga dai muda harus terjun ke seluruh daerah di nusantara.

"Harapan saya para dai muda ini bukan hanya terfokus ke kota ya, tapi mereka bisa menyebar ke daerah-daerah pelosok nusantara ini," ujarnya kepada Republila.co.id, Jumat (22/12).

Kendati demikian,  para dai muda tersebut harus terlebih dahulu dibekali dengan ilmu agama dan wawasan kebangsaan yang mumpuni, sehingga tidak melenceng dari ajaran Islam yang rahmatal lil alamin dan tidak melenceng dari ideologi bangsa.

"Para dai muda ini tentunya bisa meningjatkan kapasitas keilmuannya yang baik, penguasaan keilmuan yang baik, terutama keilmuan dari segi Alquran dan hadis Rasulullah," ucapnya.

Selain berdakwah ke pelosok daerah, tambah dia, para muda ini juga harus mulai memperkuat dakwah di media sosial, sehingga mau tidak mau para dai muda harus menguasai teknologi. "Harus melek IT sehingga mereka bukan hanya dakwah bil lisan tapi juga dakwah di media sosial atau di internet pada umumnya. Itu harapan kita semua agar isinya internet ini nantinya kebaikan-kebaikan semua," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement