Ahad 03 Dec 2017 06:16 WIB

Saksi Sejarah Islam di Nepal

Rep: mgrol98/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nepal
Foto: Asianews.it
Muslim Nepal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Nepal dikenal sebagai negara sekuler. Meskipun mayoritas penduduknya adalah Hindu dan Budha dan minoritas adalah Muslim, mereka selalu hidup dalam harmoni religius.

Menurut statistik Sensus Penduduk Nasional Nepal pada 2011, jumlah Muslim berada di angka 11,64255 sekitar 4,4 persen dari total populasi Nepal yaitu 2,64,94,504. Penduduk Muslim dapat ditemukan di 75 distrik di Nepal secara keseluruhan.

Umat ​​Muslim atau Miyan Nepal, adalah orang-orang yang tinggal di Nepal yang memeluk agama Islam. Nenek moyang mereka tiba di Nepal dari berbagai penjuru Asia Selatan dan Tibet selama zaman yang berbeda, dan sejak itu hidup di tengah-tengah Hindu yang dominan secara numerik.

Dilansir dari halaman Aljazeera, sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke Nepal melalui pedagang Kashmir pertama kali tiba di Kathmandu pada abad ke 15 dalam perjalanan mereka ke Lhasa, ibu kota Tibet. Di Nepal, Muslim terbagi menjadi tiga kelompok yang berbeda, orang Tibet, Kashmir dan Madhesh.

Sejak saat itu, banyak dari mereka menetap dan kemudian dikenal sebagai Kantipur dan sekarang seperti Kathmandu, Bhaktapur dan Lalitpur selama pemerintahan Raja Ratna Malla. Dan Masjid Kashmiri Takiya yang berusia 500 tahun, beberapa ratus meter dari istana di Kathmandu, merupakan kesaksian sejarah Islam di Nepal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement