Senin 09 Oct 2017 10:29 WIB
Kejahatan Terhadap Muslim di Inggris Meningkat (bagian II)

Apakah Saya Harus Khawatir Orang-Orang Mati?

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus Yulianto
Pemuda muslim Inggris dalam sebuah aksi unjuk rasa
Pemuda muslim Inggris dalam sebuah aksi unjuk rasa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kejahatan atas dasar kebencian yang menargetkan masjid di Inggris meningkat dua kali lipat antara tahun 2016 dan 2017. Kepolisian mencatat 110 kejahatan kebencian yang diarahkan ke tempat-tempat ibadah Muslim antara bulan Maret dan Juli tahun ini, naik dari 47 selama enam bulan yang sama pada tahun 2016.

Kejahatan yang tercatat sebagai vandalisme atau kerusakan kriminal meningkat dari 12 pada 2016 menjadi 15 pada 2017. Jumlah sebenarnya dari kejahatan kebencian yang diarahkan ke masjid kemungkinan akan lebih tinggi karena perbedaan bagaimana pasukan polisi mencatat statistik mereka dan fakta bahwa tidak semua polisi disertakan dalam kejadian tersebut.

Angka tersebut muncul dalam beberapa minggu setelah insiden terpisah di mana seorang imam dan seorang ahli bedah yang merawat korban pemboman Manchester ditikam di luar sebuah masjid di Cheshire dan satu lagi di mana seorang anak laki-laki berusia 14 tahun ditikam berkali-kali di wajah dan leher di luar sebuah masjid di Birmingham.

Kasus tindak kejahatan kebencian lainnya di masjid-masjid tahun ini termasuk serangan teror Finsbury Park pada bulan Juni, sebuah masjid Manchester yang dihancurkan oleh tembakan dalam sebuah serangan pembakaran pada bulan Juli dan pengiriman bubuk putih dan ancaman bom ke tiga masjid di London juga di Juli.

Sementara polisi menemukan bubuk itu tidak berbahaya. Erkin Guney, seorang pemimpin masyarakat di salah satu masjid yang menjadi sasaran surat-surat tersebut, menyebut ancaman tersebut sebagai "memilukan".

Masjid Shacklewell Lane di London utara, di mana Guney sebagai pengelola pemakaman, telah melihat "serangan oleh kepala BNP, babi dilemparkan ke pintu dan gedung-gedung ditutup" selama bertahun-tahun sejak ayahnya mendirikan masjid tersebut pada 1970-an. Dia mengatakan, "Apakah saya harus khawatir orang-orang mati?"

"Itu tanggung jawab yang sangat berat. Sekarang khawatir orang akan mati di depan pintu rumah saya sangat memilukan,"

"Saya tidak peduli dengan diri saya, saya khawatir dengan publik dan orang-orang yang datang ke sini," tambahnya.

"Kami punya acara komunitas yang berlangsung di sini. Semua orang datang, ini bukan hanya tentang umat Islam di masjid."

Organisasi Tell Mama mengatakan, bahwa data tersebut mencatat 141 insiden kejahatan kebencian terhadap kaum Muslim daripada secara khusus menargetkan masjid, setelah serangan Manchester pada 22 Mei, meningkat 500 persen dibandingkan dengan rata-rata harian 25 laporan yang dibuat untuk amal tersebut daripada kepada polisi.

Abbott meminta Kantor Rumah Tangga untuk mempublikasikan data tentang kejahatan kebencian terhadap semua tempat ibadah "sebagai masalah pasti" setelah "mengkhawatirkan laporan serangan terhadap sinagog dan masjid".

"Politisi memiliki tanggung jawab khusus dalam bahasa yang mereka gunakan, kebijakan yang mereka advokat dan iklim yang mereka ciptakan. Harus ada pesan yang bulat bahwa kekerasan terhadap bagian masyarakat kita tidak dapat diterima," kata dia.

Sejumlah catatan kejahatan anti-Semit juga dilaporkan terjadi di Inggris dalam enam bulan pertama tahun ini, dengan 767 insiden dicatat, menurut Community Security Trust. "Beberapa di antaranya mungkin akan memperbaiki laporan, namun sangar jelas bahwa situasi keseluruhan telah memburuk," kata David Delew, Direktur Utama organisasi tersebut.

Seorang juru bicara Kantor Pusat mengatakan, semua bentuk kejahatan kebencian sama sekali tidak dapat diterima dan Inggris memiliki beberapa undang-undang terkuat di dunia untuk mengatasinya.

Sekretaris Komunitas, Sajid Javid mengumumkan, dana baru sebesar 375 ribu poundsterling untuk mendorong pelaporan dan pendanaan kejahatan kebencian pada bulan Januari tahun ini, di samping dukungan 1 juta poundsterling yang ditujukan kepada kaum muda sebagai bagian dari Rencana Aksi Tindak Pidana yang diumumkan pada musim panas lalu.

Sebanyak 55 tempat ibadah digunakan untuk dana kejahatan anti-kebencian sejak serangan teror Westminster, dengan hampir setengah pengajuan berasal dari masjid. Pemerintah mengumumkan tambahan 1 juta poundsterling akan disediakan untuk memberikan perlindungan pribadi di luar tempat ibadah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement