Rabu 26 Jul 2017 16:34 WIB

Peserta MTQMN 2017 Terbanyak Sepanjang Masa

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN). Ilustrasi.
Foto: Republika/ Musiron
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Peserta Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV dianggap terbanyak sepanjang masa acara rutin ini di Indonesia. Seluruh mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dapat mengikuti kegiatan akbar yang tidak memiliki sistem seleksi.

"Ini memang satu kegiatan kompetisi yang tidak melalui seleksi. Sistem yang tidak sama seperti lomba kemahasiswaan lainnya. Oleh karena itu, jumlah peserta kali ini dianggap terbesar sepanjang sejarah," ujar Wakil Rektor Universitas Negeri Malang (Warek UM), Syamsul Hadi saat Konferensi Pers (Konpers) MTQMN XV di Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rabu (26/7).

Syamsul mengungkapkan, jumlah peserta MTQMN pada waktu lalu hanya diikuti oleh 184 Perguruan Tinggi (PT). Tahun ini, dapat mengumpulkan 251 PT dengan jumlah peserta sebanyak 2.447 orang. Jika digabung dengan official dan pendamping peserta akan ada 3.000 utusan yang akan berkumpul pada ajang itu. "Mereka akan siap mengubah suasana UB dan UM menjadi lebih Qurani," kata Syamsul.

Syamsul berharap, kegiatan ini bisa mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk masyarakat Malang. Dengan kata lain, masyarakat Malang bisa membantu menyemarakkan kegiatan ini agar lebih baik. Terlebih lagi, beberapa kegiatan dukungan pada ajang ini memperbolehkan masyarakat umum untuk mengikutinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement