Selasa 25 Jul 2017 00:52 WIB

Potret Dakwah Carlos Khalil Guzman

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Fotografi/ilustrasi
Foto:
Muslim Amerika

Guzman memutuskan membuat sebuah proyek yang akan membantu orang belajar tentang banyak cara Muslim Amerika menjalankan keyakinan mereka. Dia mulai bertemu dengan beragam umat Islam dalam perjalanan untuk membuat karyanya.

Ketika bertemu Muslim yang hendak menjadi objek foto, Guzman meminta mereka memberitahu kata-kata favorit tentang Rasulullah atau sebuah ayat Alquran. Dia juga meminta mereka menjelaskan mengapa bagian ayat suci tersebut penting bagi mereka.

Beberapa orang mengatakan kepada Guzman bahwa ayat Alquran tersebut meyakinkan bahwa Allah SWT akan tetap bersama mereka pada masa-masa sulit. Beberapa Muslim lainnya mengutarakan, ayat suci Alquran membuat mereka yakin Allah selalu melindungi dan mencintainya serta mengingatkan mereka untuk merawat orang tua.

Bagi Guzman, refleksi tentang ayat suci adalah cara penting bagi mereka yang non- Muslim agar bisa terhubung dengan hasil kar yanya. Dia yakin bahwa kesalah pa haman tentang Islam akan semakin berku rang jika mereka diingatkan mengenai fungsi agama dalam kehidupan Muslim Amerika.

Selain itu, proyek ini juga bertujuan agar mereka yang tidak mengerti Islam dapat mengampanyekan amal, memberi tujuan bagi mereka yang sedang menderita, dan menginspirasi untuk ikut serta dalam mengimplementasikan keadilan.

"Islam menentang semua jenis penindasan apa pun bentuknya. Islam bertentangan dengan rasisme, Islamofobia, dan an tisemitisme. Saya ingin orang melihat hal itu dalam proyek ini," kata dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement