Selasa 25 Jul 2017 00:52 WIB

Potret Dakwah Carlos Khalil Guzman

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Fotografi/ilustrasi
Foto:
Alquran

Ayat suci yang menjadi favorit Guzman adalah tentang bagaimana Islam membimbing dan menghubungkan setiap orang dengan rasa kemanusiaan. Sesuai dengan surah al-Ankabut ayat ke-2, yang berbunyi: "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan mengenai ucapan mereka yang mengatakan 'Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji lagi?

Menurut Guzman, umat manusia akan diuji lebih dulu dengan hal-hal yang akan menampakkan hakikat keimanan mereka. Ayat ini diturunkan terkait dengan orangorang yang masuk Islam, kemudian mereka disiksa oleh orang-orang musyrik.

"Ayat tersebut bermakna bagi saya karena ini adalah peringatan tetap bahwa Allah tidak pernah melakukan apa pun untuk menghukum kita, namun setiap pengalaman baik atau buruk adalah cara Allah untuk menjaga kita dan membimbing kita menuju jalan yang benar, belas kasih, pengertian, keadilan, berilmu, dan penuh cinta," kata dia menjelaskan.

Baginya, Islam adalah panduan untuk mem bantu setiap orang memiliki rasa ke manusiaan, terlepas dari entitas, agama, orien tasi seksual, ataupun pandangan politik. Guzman berharap dengan karyanya ini dapat menjadi alat edukasi bagi mereka yang mendapatkan cerita palsu mengenai Islam. Dia berharap karyanya dapat menunjukkan bagaimana umat Islam merupakan bagian dari sejarah dan budaya Amerika sejak Muslim pertama tiba di Amerika sebagai budak Afrika.

"Selalu ada kehadiran Muslim di negara ini. Nilai-nilai yang dijunjung tinggi konsitusi kita adalah bagian dari Islam, jika saja mereka meluangkan waktu untuk belajar tentang Islam. Islam adalah tentang keadilan," kata dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement