Jumat 05 May 2017 17:00 WIB

Di Manakah Firaun Ditenggelamkan?

Rep: Sya/Berbagai Sumber/ Red: Agung Sasongko
Piramida Giza di Mesir peninggalan Firaun yang binasa akibat kesombongannya mengaku tuhan
Foto: AP
Piramida Giza di Mesir peninggalan Firaun yang binasa akibat kesombongannya mengaku tuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah di Laut Tengah atau di Laut Merah? Para sejarawan berselisih pendapat mengenai lokasi ditenggelamkannya Firaun.

Ada yang menyatakan di Laut Tengah dan ada pula yang menyatakan peristiwa itu terjadi di Laut Merah. Alquran pun tidak menjelaskan secara perinci, kecuali menyebutkan di sebuah lautan. Peristiwa itu terjadi sekitar 3.500 tahun yang lalu atau sekitar 1.500 Sebelum Masehi (SM).

Beberapa sumber menunjukkan, pantai Laut Tengah di Mesir sebagai tempat lautan terbelah. Dalam Ensiklopedia Judaica, dikatakan, ''Pendapat mayoritas dewasa ini mengidentifikasi Laut Merah dalam eksodus sebagai sebuah laguna di pantai Laut Tengah.''

Dalam Kitab Keluaran pada Perjanjian Lama, dikatakan bahwa kejadiannya adalah di Migdol dan Baal-Zephon yang terletak di sebelah utara delta. Pandangan ini berdasarkan Perjanjian Lama.

 

Disebutkan pula bahwa Firaun dan orang-orangnya ditenggelamkan di Laut Merah. Namun, menurut mereka yang berpegang pada pandangan ini, kata yang diterjemahkan sebagai "Laut Merah (Red Sea)" sebenarnya adalah "Lautan Alang-Alang (Sea of Reeds)".

Kata ini dikenal sebagai "Laut Merah" dalam berbagai sumber dan digunakan untuk lokasi tersebut. Namun, "Lautan Alang-Alang" sebenarnya digunakan untuk merujuk kepada pantai Laut Tengah di Mesir. Dalam Perjanjian Lama, ketika menyebutkan jalur yang diambil oleh Musa dan para pengikutnya, kata Migdol dan Baal-Zephon disebutkan dan tempat-tempat ini terletak di utara Delta Nil di pantai Mesir.

Sebagai implikasinya, Lautan Alang-Alang mendukung kemungkinan bahwa kejadian tersebut terjadi di pantai Mesir. Karena, di daerah ini, sesuai dengan namanya, banyak tumbuh alang-alang berkat tanah lumpur delta.

Pendapat yang paling masyhur mengenai peristiwa itu adalah terjadi di Laut Merah. Dalam Alquran terjemahan Departemen Agama tentang ayat 138 surah Al-A'raf [7]) ataupun Albaqarah [2] ayat 50, lokasi tempat Musa menyeberangi lautan itu adalah di sebelah utara Laut Merah.

Laut Merah (Arab: Bahr al-Ahmar) adalah sebuah teluk di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan Afrika. Jalur ke laut di selatan melewati Bab al-Mandib dan Teluk Aden. Sedangkan, di utara terdapat Semenanjung Sinai dan Terusan Suez. Menurut situs wikipedia, laut ini pada tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral.

Pendapat yang menyebutkan peristiwa itu terjadi di Laut Merah makin diperkuat dengan ditemukannya roda kereta di dalamnya. Diduga, roda kereta itu dipergunakan Firaun dan pasukannya saat mengejar Nabi Musa AS. Wallahualam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement