Rabu 01 Mar 2017 20:30 WIB
Belajar Kitab

A'lam as-Sailin 'an Kutub Sayyid al-Mursalin Dokumentasikan Surat-Surat Rasulullah

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Kitab Kuning
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dan, yang tak kalah penting, kitab A'lam dapat pula dikategorikan ke dalam kitab dakwah. Tak lain karena kitab yang salah satu manuskripnya ditemukan di Perpustakaan azh-Zhahiriyah, Damaskus, Suriah, itu mengungkapkan tentang pola, strategi, dan metode dakwah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah. Baik berupa ajakan masuk Islam maupun imbauan kepada sebuah komunitas untuk berbuat baik.

Surat yang pernah dikirimkan oleh Rasulullah kepada Raja Ashhamah bin Abjar, penguasa negara Habsyah, kini Ethiopia, dapat menjadi bukti seni berdakwah Nabi. Tak heran bila surat itu lantas oleh Ibn Thulun sendiri ditempatkan di posisi teratas mengawali uraian surat-surat Rasulullah dalam karyanya tersebut.

Surat tersebut juga dianggap sebagai keberhasilan penggunaan media surat pertama. Menyusul respons positif sang raja. Negara Kristen yang wilayahnya pada waktu itu secara yurisdiksi gerejani berada di bawah Gereja Orthodoks Koptik di Mesir telah mengulurkan tangan persahabatan untuk membantu umat Islam.

Bahkan, sejumlah riwayat menyebutkan, surat itu disusul dengan pernyataannya untuk memeluk agama Islam, sekalipun diperdebatkan di kalangan ahli sejarah, tanpa paksaan apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement