Jumat 24 Feb 2017 18:00 WIB

Ghana, Sayap Islam di Afrika Utara

Muslimah di Ghana.
Foto:
Komunitas Muslim di Ghana.

 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Kota Kumbi Saleh sendiri juga mencapai kemakmuran. Perdagangan kian meningkat. Beragam komoditas, misalnya emas, tekstil, garam, gading, dan lainnya, ramai diperniagakan.

Al Bakri, seorang ahli geografi Muslim terkemuka, memberikan catatan sejarah penting. Bukunya yang berjudul Kitab fi Masalik wal Mamalik (Peta Kerajaan-kerajaan) mendeskripsikan Ghana sebagai wilayah yang tumbuh pesat di tahun 1068.

Lantas, dia memberikan gambaran detail terkait kehidupan umat Islam di Ghana abad ke-11. ''Terdapat dua kota penting yang berada di dataran rendah. Salah satunya dihuni komunitas Muslim yang jumlahnya cukup banyak. Di sana, terdapat sekitar 12 masjid, satu di antaranya adalah yang terbesar dan biasa dijadikan tempat shalat Jumat.''

Ditambahkan, ''Masing-masing masjid memiliki beberapa imam, muazin, serta pengajar Alquran. Masjid juga berfungsi sebagai tempat menimba ilmu dengan bimbingan para guru agama.''

Secara ekonomi, kata dia, daerah ini merupakan kawasan makmur. Para sarjana Muslim banyak dipercaya memegang jabatan penting di kerajaan. Mereka juga yang memelopori upaya menjalin hubungan erat dengan kerajaan-kerajaan lain di sekitar.

''Umat Muslim di sana merasa menjadi bagian komunitas Muslim di seluruh dunia dan itu merupakan pijakan penting dalam membangun hubungan internasional,'' papar al-Bakri.

Akan halnya orang-orang Barber tadi, yang selanjutnya dikenal dengan sebutan kaum Almovarid, mereka memilih memeluk Islam. Pada tahun 1075, kaum Almovarid berperang dengan Kerajaan Ghana.

Singkat cerita, Kerajaan Ghana berhasil dikalahkan. Ada catatan sejarah yang menyatakan bahwa setelah peristiwa itu, banyak penduduk Ghana yang memeluk Islam. Secara bersama, mereka lantas berjuang mengembangkan agama Islam di Afrika Barat, meliputi Mali, Senegal, dan Mauritania.

Momen ini berlangsung hingga tahun 1100. Karena, selanjutnya, muncul orang-orang Soso yang membenci Islam dan berhasil menguasai Ghana. Sejak itulah, geliat Islam agak tersendat meski kaum Almovarid dapat meredam pengaruh kaum Soso untuk berkutat di Ghana saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement