Sabtu 31 Dec 2016 10:15 WIB

Sodiq Mudjahid: Malam Tahun Baru di Tempat Ibadah akan Menarik Perhatian Dunia

Rep: Lintar Satria/ Red: Agus Yulianto
Sodik Mudjahid.
Foto: Kiblat.
Sodik Mudjahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sodik Mudjahid Wakil ketua komisi VII DPR RI mengatakan, menjelang malam pergantian tahun baru 2016 ke 2017 banyak ajakan  untuk merayakannya dengan acara religius di tempat-tempat ibadah. Seperti yang dilakukan oleh wali kota Padang, Kapolsek Ciawi, ormas keagamaan dan beberapa ormas kepemudaan.

Sodiq memberikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang telah menghimbau dan memfasilitasi acara pergantian tahun dengan kegiatan zikir,muhasabah  dan berbagai kegiatan  ibadah lainnya yang bermanfaat baik dilaksanakan di  masjid masjid dan tempat ibadah lainnya. Kegiatan tersebut, menurut Sodiq, kegiatan yang mempunyai multif manfaat tinggi dan berguna bagi bangsa Indonesia.

"Menekan angka kemacetan dan gangguan keamanan yang biasa timbul dalam pergantian tahun baru, yang kedua akan menghantarkan bangsa Indonesia yang Pancasilais dan berketuhanan kepada pintu-pintu barokah dari Allah SWT Tuhan yang Maha Esa  dalam berbagai  bidang kehidupan seperti ekonomi, keamanan, politik, kerukunan, lingkungann hidup, dan berbagai solusi lainnya dalam kesulitan yang dihadapi bangsa Indonesia," kata Sodiq, kemarin.

Disamping manfaat-manfaat tersebut, lanjut Sodiq, ada manfaat lain yang juga tidak kalah pentingnya.  Yaitu memperlihatkan kepada dunia sebuah budaya baru yang inovatif dan penuh manfaat  dalam menyambut malam tahun baru. "Sebagai alternatif acara menyambut tahun baru yang sudah ribuan tahun dengan acara-acara klise seperti kembang api," ujar Sodiq.

Jika inovasi budaya baru ini  ditangani dengan sungguh-sungguh dan profesional, menurut Sodiq, akan memberi manfaat yang luar biasa. Seperti memperkokoh keberadaan dan kekhasan Indonesia sebagai negara  Pancasila yakni masyarakat yang religius, beragam, rukun tapi terus memodernisir diri

"Akan menjadi daya tarik  dunia sebagai alternatif  "wisata tahun baru" ke Indonesia  jika acara-acara spiritual di tempat ibadah tersebut dikemas dan dipertontonkan  dengan cara moderen dan profesional tanpa merubah  niat, visi, dan  misi serta kontennya," kata Sodiq.

Ia menghimbau kepada Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Budaya, Kementerian Olahraga dan Pemuda, Kementerian Pariwisata, Kepolisian, pemerintah daerah, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan untuk mendukung dan menumbuh suburkan budaya baru khas Indonesia  dalam menyambut malam pergantian tahun baru. Seperti pada tahun baru ini.  

"Selamat tahun baru 2017 semoga masyarakat dan bangsa Indonesia semakin maju,semakin  barokah, adil makmur sejahtera, dan semakin eksis dan dihormati dalam kehidupan pergaulan international," ujar Sodiq.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement