Jumat 23 Dec 2016 16:08 WIB

Zikir Lahirkan Keikhlasan

Rep: Wahyu Suryana/Hasanul Rizqa/ Red: Damanhuri Zuhri
Pendiri Majelis Taklim Adz-Dzikra Ustaz Muhammad Arifin Ilham.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pendiri Majelis Taklim Adz-Dzikra Ustaz Muhammad Arifin Ilham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Majelis Zikir az-Zikra, Ustaz Muhammad Arifin Ilham, mengajak masyarakat menghadiri Dzikir Nasional yang diselenggarakan Republika di Masjid at-Tin, Jakarta  pada Jumat (30/12) dan Sabtu (31/12).

"Hadirilah Dzikir Nasional untuk sama-sama menjadi taat kepada Allah SWT," ungkap Pimpnann Majelis Zikir Az-Zikra, Ustaz Muhammad Arifin Ilham kepada Republika di GOR az-Zikra, Depok, Jawa Barat, Selasa (20/12).

Untaian zikir yang senantiasa dilantunkan seorang manusia, menurut Ustaz Arifin, akan membawa kemanfaatan yang besar. Keikhlasan, merupakan salah satu manfaat terbesar dari kegemaran berzikir. "Zikir itu bisa melahirkan keikhlasan," ujarnya.

Ia menjelaskan, begitu banyak manfaat zikir yang disebutkan Allah SWT melalui Alquran, sehingga tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menjadikannya sebagai suatu kegemaran. Lewat surah Nuh ayat 10-12, Ustaz Arifin melanjutkan, disebutkan salah satu kemanfaatan yang diberikan kepada ahli zikir adalah Allah SWT akan mengampuni dosanya.

Selain itu, zikir juga akan menurunkan hujan, memudahkan dalam mendapatkan rezeki yang halal, mendapatkan keturunan yang baik, dan menyejahterakan melalui hadirnya kebun dan sungai.

Ustaz Arifin juga menekankan, zikir merupakan salah satu kebiasaan yang membawa energi perubahan besar. Melalui zikir, kata dia, seseorang setiap detiknya akan memiliki energi perubahan menjadi hamba yang paling dirindukan Allah SWT. Kita, kata Ustaz Arifin, membutuhkan energi agar bisa menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.

Karena itu, menurut dia, zikir merupakan salah satu sarana untuk menghalau semua ancaman perbuatan maksiat yang mungkin terjadi pada malam pergantian tahun.

Melalui zikir pada malam tahun baru itu pula ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama berdoa demi umat Islam di dunia. "Sekaligus kita doakan umat Islam di Aleppo, Rohingya, Palestina, dan seluruh dunia," katanya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement