Selasa 06 Dec 2016 03:23 WIB

Tantangan Umat Islam di Finlandia

Rep: Noer Qomariah/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Finlandia.
Foto: Todayszaman.com
Muslim di Finlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAN -- Salah satu Muslim Turki dari Kazan Rusia, Musa Carullah menulis sebuah buku tentang beberapa kesulitan yang dihadapi oleh umat Islam di Finlandia. Musa Carullah merupakan seorang pemikir sekaligus anggota dari Komunitas Astronomi Rusia yang mempelajari gerhana bulan dan matahari juga memiliki pengamatan di bidang ini.

Pada 1970, ia bersama Lutfullah Ishaki melakukan perjalanan ke Finladia untuk menghapuskan ketidakpastian mengenai doa dari umat Islam di sana. Menurutnya, Alquran dan Sunnah cukup memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang membingungkan.

Carullah telah menulis buku mengenai masalah yang dihadapi oleh umat Islam yang tinggal di daerah dimana memiliki waktu yang panjang . Buku ini ditulis dalam Bahasa Turki.

Status Warga Finlandia

Finlandia benar-benar digambarkan sebagai tempat di mana orang hidup selama hari-hari panjang. Ketika Carullah pergi ke Finladia, ia menulis buku “Puasa selama hari-hari panjang” untuk umat Islam disana.

Carullah memuji kebiasaan baik dari orang-orang Finlandia. Mereka menunjukkan jika mereka bekerja keras, bersih, dan adil.

Namun Carullah pun membandingkan Rusia dan Finlandia Ia mengindikasi tidak menyesuaikan diri dengan gaya berpakaian atau fashion dinilai kasar di Rusia. Sedangkan di Finlandia tidak menyesuaikan diri dengan gaya berpakaian dinilai tidak memiliki pekerjaan. Beberapa dari mereka menilai sangat kasar apabila memakai pakaian mahal dan bercorak ketika orang miskin tidak memiliki pakaian.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement