Kamis 24 Nov 2016 17:38 WIB

13 Mahasiswa Penghafal Alquran UINSA Diwisuda

Rep: Binti Sholikah/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: alarabiya.net
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 13 mahasiswa penghafal Alquran (hafiz) dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjalani prosesi wisuda di gedung Fakultas Syariah, Kamis (24/11). Wisuda hafiz periode kedua tersebut digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Tahfidhul Quran (UPTQ) UINSA.

Ketua Umum UPTQ UINSA, Husni Mubaroq, mengatakan, dari 13 hafiz yang diwisuda tersebut, lima mahasiswa di antaranya telah menghafal 30 juz. Sisanya, wisudawan yang menghafal 20 juz dan 10 juz.

"Prosesi wisuda ini sebagai apresiasi, karena proses di UPTQ berat, mahasiswa yang hafal Alquran memiliki beban psikologis dan beban moral lebih besar. Tidak hanya setiap hari mengikuti perkuliahan tapi di sela-sela itu mereka mengikuti kegiatan tahfiz Alquran," jelasnya kepada Republika.co.id di sela-sela proses wisuda.

Husni menambahkan, mahasiswa yang menghafal Alquran lamanya bervariasi. Pada wisuda kali ini, ada mahasiswa yang mulai menghafal Alquran dari juz 1 pada semester I dan sudah hafal 30 juz pada semester V. Biasanya, mahasiswa yang mulai menghafal Alquran dari juz 1 bisa menamatkan sampai 30 juz menjelang kelulusan pada semester VII atau VIII.

 

Pada wisuda hafiz pertama tahun 2015, UPTQ mewisuda 10 mahasiswa yang terdiri atas 5 wisudawan kategori 30 juz, 3 wisudawan kategori 20 juz, dan 2 wisudawan kategori 10 juz.

Saat ini, terdapat 400 mahasiswa yang menjalani proses menghafal Alquran di UPTQ. Dari jumlah tersebut, beberapa mahasiswa mendapat beasiswa S1 karena telah menghafal 5 juz saat masuk ke UIN.

Menurutnya, tidak semua mahasiswa baru yang masuk UPTQ baru menghafal dari juz 1. Ada yang sebelumnya punya hafalan 5 juz karena alumni pesantren. "Ada yang sudah hafal 1 juz, 10 juz, bahkan masuk UPTQ sudah hafal 30 juz juga banyak, tetapi mereka yang sudah selesai 30 juz biasanya satu periode selanjutnya mereka langsung mengajar di UPTQ. Karena syarat usta-ustazah yang mengajar di UPTQ harus hafal Alquran terlebih dahulu," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement