Jumat 18 Nov 2016 20:30 WIB

Fatimah binti Asad, Keteladanan Seorang Ibu

Hari Ibu  (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Hari Ibu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKART --  Selepas ditinggal sang ibu, Aminah, Rasulullah SAW dirawat oleh Abdul Muthalib yang tidak lain merupakan kakek dari Rasulullah SAW. Namun, tidak berapa lama, Abdul Muthalib juga mengembuskan napas terakhir saat Rasulullah SAW masih kanak-kanak.

Abdul Muthalib pun pernah berpesan dan menitipkan Rasulullah SAW kepada anaknya, Abu Thalib. Di rumah Abu Thalib inilah Rasulullah SAW mendapatkan kasih sayang dari seorang ibu. Beliau adalah istri dari Abu Thalib, sekaligus ibu dari Ali bin Abi Thalib, Jafar bin Abi Thalib, dan nenek dari Hasan dan Husain. Dia adalah Fatimah binti Qais, atau memiliki nama lengkap Fatimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf.

Fatimah dikenal sebagai salah satu perempuan generasi pertama yang masuk Islam dan ikut hijrah ke Madinah. Selain itu, dia adalah wanita pertama dari bani Hasyim yang melahirkan anak orang Hasyim. Fatimah binti Asad pun merawat, memelihara, dan melindungi Rasulullah SAW seperti anaknya sendiri.

Fatimah binti Asad menjadi teladan bagi seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya. Tidak hanya itu, Fatimah binti Asad juga menjadi contoh bagaimana kecintaan seorang Muslim dalam menanggung anak yatim. Pada saat merawat Rasulullah SAW, Fatimah binti Asad tidak membedakan-bedakan perlakuan antara Rasulullah SAW dengan anak-anak kandungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement