Rabu 09 Nov 2016 09:27 WIB

ODOJ akan Sebar Seribu Pengajar Alquran

Rep: Kabul Astuti/ Red: Dwi Murdaningsih
 Jamaah penggiat ODOJ melakukan tilawah bersama saat acara ODOJ Untuk Negeri Berbakti Pada Negeri, Mengabdi Pada Ilahi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (30/8). (Republika/Wihdan)
Jamaah penggiat ODOJ melakukan tilawah bersama saat acara ODOJ Untuk Negeri Berbakti Pada Negeri, Mengabdi Pada Ilahi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (30/8). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Komunitas One Day One Juz (ODOJ) akan menyebar seribu pengajar Alquran ke seluruh pelosok Nusantara. Program seribu pengajar Alquran ini akan diluncurkan dalam Tilawah Akbar dan Konser Amal OPQ 2016 ODOJ di Stadion Patriot Kota Bekasi pada 13 November mendatang.

Ketua Olimpiade Pecinta Alquran (OPQ) 2016, Bakat Setiaji mengatakan Lembaga Pengajar Quran (LPQ) merupakan program baru yang akan diluncurkan oleh Komunitas ODOJ. "Kami mempunyai program LPQ (Lembaga Pengajar Quran). Itu salah satu program yang akan di-launching pada Tilawah Akbar 13 November," kata Bakat, kepada Republika.co.id, awal pekan ini.

Lembaga tersebut diluncurkan bersamaan dengan Tilawah Akbar dan Konser Amal pada 13 Novemver di Stadion Patriot Candrabaga, Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. Sebanyak 50 ribu orang ditargetkan hadir dalam agenda tersebut, termasuk lima syekh dari lima benua. Tilawah akbar ini terbuka umum dan gratis.

Pada tilawah akbar tersebut, kata Bakat, akan ada pembacaan ikrar seribu pengajar Alquran, sebelum nantinya mereka disebar ke seluruh Indonesia sebagai pengajar-pengajar Alquran. Bakat menuturkan, program ini bertujuan untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya kalangan yang sudah fasih mengaji saja.

ODOJ menyadari masih banyak orang yang belum bisa mengaji Alquran. "Harapannya orang yang punya semangat, tapi belum bisa ngaji akan kita kelola dengan seribu pengajar Quran yang akan kita sebar seluruh Indonesia," kata Bakat Setiaji. Lebih lanjut, harap dia, semangat cinta Alquran itu tidak hanya dicintai ODOJ-er, tapi juga semua orang tergerak untuk mencintai Alquran.

Ia menambahkan, siapa pun berkesempatan jadi anggota ODOJ. Tilawah Akbar ini sengaja diarahkan untuk menyasar segmen baru yang belum tersentuh, termasuk anak-anak lewat kehadiran robot ODOJ. Program ODOJ sekarang tidak hanya tilawah satu juz per hari, tetapi ada tilawah setengah juz per hari, satu lembar per hari, bahkan tilawah satu ayat setiap hari (ODOJ Star). Pada 2017, ucap dia, ditargetkan ada satu juta member ODOJ di seluruh Indonesia.

Rangkaian acara OPQ bertema Islamic Modern Lifestyle ini berlangsung selama 9 hari pada 5 - 13 November di Islamic Center dan Stadion Patriot Kota Bekasi. Ada tiga cabang yang dilombakan selama 11-12 November, yakni MTQ, MHQ, dan tafsir Alquran. Olimpiade ini diikuti oleh kontingen dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement