Senin 07 Nov 2016 19:01 WIB

ODOJ Gelar Olimpiade Pecinta Alquran 2016

Rep: Kabul Astuti/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah jamaah yang tergabung dalam komunitas One Day On eJuz (ODOJ) melakukan tilawah bersama dalam rangkaian Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis ((31/12).  (Republika/Wihdan)
Sejumlah jamaah yang tergabung dalam komunitas One Day On eJuz (ODOJ) melakukan tilawah bersama dalam rangkaian Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Jakarta, Kamis ((31/12). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Komunitas One Day One Juz (ODOJ) mengadakan Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) 2016 di Kota Bekasi, Jawa Barat. Qari internasional kelahiran Bosnia, Fatih Seferagic bakal memeriahkan acara ini pada puncak acara tilawah akbar di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, 13 November mendatang.

Ketua OPQ 2016 ODOJ, Bakat Setiaji mengatakan, acara yang mengusung tema Islamic Modern Lifestyle ini berlangsung selama sembilan hari pada 5 - 13 November. Ada tiga konsep utama kegiatan, yakni festival Alquran yang berlangsung selama 5-12 November di Islamic Center Kota Bekasi, disusul olimpiade MTQ, MHQ, dan tafsir Alquran pada 11-12 November, kemudian puncaknya tilawah akbar dan konser amal di Stadion Patriot Kota Bekasi pada 13 November.

Kurang lebih 120 tenant bazaar dan beragam seminar dilangsungkan selama rangkaian acara festival Alquran. Peserta Olimpiade Pecinta Quran ini merupakan dari hasil seleksi 24 provinsi dan satu negara asing. "Tanggal 13 November adalah hari puncak OPQ 2016, dengan tilawah akbar di Stadion Patriot Bekasi. Target kami 50 ribu orang bisa hadir," kata Bakat Setiaji kepada republika.co.id, Senin (7/11).

Tilawah akbar ini rencananya bakal dibuka oleh DPP ODOJ, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dihadiri pula, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, serta lima syekh dari lima benua. Qari internasional Fatih Seferagic dari Bosnia juga sudah menyatakan kehadirannya untuk tilawah bersama para Odojers. Tilawah akbar akan dimeriahkan ikrar seribu pengajar Alquran, serta konser amal dari Wali Band untuk dunia Islam dan Palestina.

Bakat menambahkan, animo masyarakat Kota Bekasi dalam beberapa hari ini lumayan tinggi. Selama festival Alquran dari tanggal 5 - 12 November, ia menargetkan 10 ribu orang hadir setiap harinya. Ahad (6/11) kemarin, bahkan diprediksi jumlah pengunjung mencapai 30 ribu orang hadir. Sebanyak 50 ribu orang diperkirakan akan datang pada sesi tilawah akbar. Peserta tilawah datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan ada pula dari luar negeri.

Yang tak kalah menarik, kata Bakat, selain kehadiran Fatih Seferagic pada saat tilawah akbar nanti akan ada penampilan robot ODOJ. Robot tersebut merupakan karya kolaborasi tim ODOJ dengan para pembuat robot profesional dari ITB dan UGM. Harapannya, robot tersebut bisa menjadi motivasi bagi anak-anak untuk semangat mengaji.

"Besok saat tilawah akbar robot itu akan perform. ngaji, baca buku, baca koran, dan terakhir dia akan minum. Robot itu kami proyeksikan sebagai Muslim, muda, modern. Tingginya 150 sentimeter sebagai gambaran untuk anak-anak. Robot saja bisa ngaji, masa manusia nggak bisa ngaji," ujar Ketua OPQ 2016 ODOJ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement